Dark/Light Mode

Redam Kenaikan Harga, Ingrid Inisiasi Gerakan Budidaya Cabe Di Rumah Warga

Jumat, 22 Desember 2023 23:38 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon legislatif (caleg) Partai Demokrat Ingrid Kansil punya solusi agar ibu-ibu di rumah tak melulu kesal ketika harga cabe merangkak naik.

Di Peringatan Hari Ibu, Ingrid menginisiasi gerakan budidaya cabai dengan memaksimalkan lahan warga.

Hal itu disampaikan Ingrid ketika menyapa warga Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, Depok, Jawa Barat, Jumat (22/12/2023).

Dalam kesempatan itu, ads tiga hal yang dilakukan Ingrid. Pertama, memperkenalkan diri. Kedua, mendengar aspirasi warga.

"Banyak warga mengeluh harga cabr sangat tinggi, tembus Rp 120 ribu per kilogram. Naik dua kali lipat jelang perayaan Natal dan Tahun Baru," ungkap Wakil Sekretaris Jenderal Demokrat ini kepada wartawan.

Baca juga : Relawan Santri Ganjar Gelar Pelatihan Budi Daya Jamur Tiram

Sebagai ibu rumah tangga, Ingrid paham yang dikeluhkan warga, khususnya emak-emak.

Kenaikan harga cabe tentu sangat membebani masyarakat. Terlebih, cabe merupakan salah satu bahan dasar makanan sehari-hari.

"Harga cabe menjadi yang paling banyak dikeluhkan oleh ibu-ibu karena memang harganya naik dua kali lipat. Masyarakat merasa situasi ekonomi ini sangat menghimpit mereka, pemasukan mereka tidak dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari jika harga bahan pokok terus menlambung tinggi," urai Ingrid.

Merespons keluhan tersebut, caleg dari Dapil Jawa Barat VI (Kota Depok dan Kota Bekas) ini menginisiasi gerakan budidaya cabai di rumah sebagai alternatif ketika harga cabe melambung.

Maka, agenda yang ketiga adalah memberikan edukasi soal pemanfaatan lahan warga untuk bertanam.

Baca juga : Diikuti Perwakilan 18 Negara, Konferensi Moderasi Beragama Digelar Di Bandung

Bukan hanya diedukasi, warga juga diberi bibit cabai oleh Ingrid untuk dimanfaatkan di rumah.

Ketika masing-masing rumah memiliki tanaman cabe, tentu ketika produksinya menurun karena musim hujan, masyarakat tak begitu risau.

"Saya sampaikan bahwa kita perlu memanfaatkan dan mengoptimalisasi penggunaan lahan pekarangan rumah dengan menanam cabe,” pesannya.

Hal ini diyakininya dapat menciptakan ekosistem budidaya cabai dari rumah, sehingga kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi secara mandiri.

Kata Ingrid, inisiasi gerakan budidaya cabe ini bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, pemanfaatan, dan pendapatan masyarakat.

Baca juga : Ravindra Airlangga Dorong Budidaya Cabai Di Pekarangan

Karena tidak menutup kemungkinan, jika tanamannya pesat, masyarakat bisa menjualnya.

"Bahwa upaya sosialisasi dan edukasi pemanfaatan lahan pekarangan dan budidaya cabai secara serentak di setiap RT/RW ini dapat diinisiai di daerah lain. Karena gerakan ini diyakini dapat meredam naiknya harga cabe nasional," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.