Dark/Light Mode

Wamen BUMN Dorong PTPN Group Wujudkan Swasembada Gula

Kamis, 28 Desember 2023 22:44 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo melakukan kunjungan kerja ke kebun HGU Lumajang PTPN I Regional 4 pada Rabu (27/12/2023).

Tiko, sapaan akrab Kartika Wirjoatmodjo, didampingi Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani.

Selain itu, Wamen BUMN juga didampingi oleh sejumlah jajaran Direksi Holding Perkebunan Nusantara, dan Direksi PTPN IV (Subholding PalmCo), Direksi PTPN I (Subholding SupportingCo) dan Direksi PT Sinergi Gula Nusantara Subholding SugarCo.

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka meninjau pelaksanaan sejumlah program pasca transformasi, serta strategi bisnis PTPN Group dalam mewujudkan percepatan swasembada gula nasional.

Kegiatan dimulai dengan peninjauan secara langsung kebun HGU Lumajang dan dilanjutkan dengan prosesi tanam perdana Kebun Benih Datar 24/25.

Tiko mengapresiasi terkait fokus PTPN Group dalam mewujudkan percepatan swasembada gula nasional dan keberpihakannya kepada petani.

Baca juga : Traveloka Berperan Dorong Pertumbuhan Pariwisata Berkelanjutan

"Untuk mencapai itu semua, tentu perlu ada upaya khusus yang harus dijaga dari hulu hingga hilirnya," kata Tiko dalam keterangan resminya, Kamis (28/12/2023).

Tiko mengatakan, untuk menjaga kelangsungan ekonomi Indonesia, dibutuhkan effort khusus.

"Supaya kita bisa swasembada juga mampu menghasilkan varietas bibit unggul, yang bisa menghasilkan domestic variety produktif di tanah Indonesia," jelasnya.

Tiko menekankan agar ekosistem tersebut terus dijaga bersama, mulai dari pembibitannya hingga pengelolaan kebunnya.

"Research and development mengenai produktivitas dan efisiensi, disiplin dalam mengelola kebun, pengelolaan keuangan dan komersial,maupun neraca perusahaan, harus menjadi satu kesatuan. Sehingga, nanti ke depannya PTPN bisa bangkit dari sisi produknya," tuturnya.

Sementara Direktur Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani menilai, kunjungan Wamen BUMN menjadi salah satu bentuk stimulus semangat bagi para planters PTPN Group untuk bisa kembali menorehkan sejarah.

Baca juga : Panglima TNI Minta Prajuritnya Dampingi Petani Wujudkan Swasembada

"Jika cerita tentang tebu itu cerita tentang sejarah, bagaimana kita mengembalikan sejarah tersebut. Maka kewajiban PTPN ke depan itu akan membangun inkubasi-inkubasi kepada masyarakat, melakukan pelatihan-pelatihan dan penyuluhan-penyuluhan. Kita akan menyiapkan itu untuk kembali memperbaiki tata kelola tebu rakyat," ungkapnya.

Ghani mengatakan, ke depan selain memperbaiki areal HGU, PTPN Group juga terus berupaya melakukan perbaikan guna membantu para petani.

"Sekali lagi, terimakasih atas kunjungan Wamen BUMN ini menjadi sumber motivasi bagi kita untuk mewujudkan harapan Pemerintah," ucapnya.

Kegiatan kunjungan kemudian dilanjutkan dengan rapat kerja di Kantor Pusat Eks PTPN XI.

Tiko bersama dengan Abdul Ghani, Direktur Utama PTPN IV (Sub Holding Palm Co) Jatmiko Krisna Santosa, Direktur Utama PTPN I (Subholding SupportingCo) Teddy Yunirman Danas, serta Direktur Utama PT Sinergi Gula Nusantara (Subholding SugarCo) Aris Toharisman, membahas terkait program pasca transformasi, serta strategi bisnis dan pembiayaan Subholding PTPN Group.

Mengakhiri kunjungan kerjanya, Tiko juga turut menyaksikan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Operasi (KSO) antara Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) M. Abdul Ghani dengan Direktur Utama PTPN IV (Subholding PalmCo) Jatmiko Krisna Santosa.

Baca juga : Menko PMK Dorong Generasi Muda Jadi Eksemplar Unggulan

Hal itu terkait kerja sama operasi Kebun Sei Meranti, Kebun Bukit Tujuh, dan Kebun Kelapa Sawit Sei Meranti milik PTPN lll (Persero).

Selain itu, juga penandatanganan perjanjian kerja sama antara Direktur Utama PTPN I (SupportingCo) Teddy Yunirman Danas dengan Direktur Utama PTPN IV (PalmCo) Jatmiko Krisna Santosa terkait Pengelolaan Kebun, Pabrik Kelapa Sawit dan Pabrik Pengolahan Inti Sawit Milik PT Perkebunan Nusantara I.

Kemudian, antara Direktur Utama PTPN l (SupportingCo) Teddy Yunirman Danas dengan Direktur Utama PT Sinergi Gula Nusantara (SugarCo) Aris Toharisman, terkait Kerja Sama Operasi (KSO) Aset Bisnis Gula On-farm antara PTPN I dengan PT Sinergi Gula Nusantara.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.