Dark/Light Mode

Hari Guru, Pemerintah Dorong Percepatan Kesejahteraan Guru

Sabtu, 25 November 2023 09:18 WIB
Deputi II Kepala Staf Kepresidenan, Abetnego Tarigan. (Foto: Ist)
Deputi II Kepala Staf Kepresidenan, Abetnego Tarigan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mendorong percepatan kesejahteraan guru di Indonesia. Di antaranya dengan memperbaiki mekanisme pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan. Targetnya pelaksanaan PPG dalam jabatan bisa meluluskan satu juta guru sertifikasi pada 2024. 

“Saat ini satu koma enam juta guru belum sejahtera mendapatkan tunjangan sertifikasi. Ini yang akan didorong oleh pemerintah melalui PPG dalam jabatan,” kata Abetnego menanggapi peringatan Hari Guru, Sabtu (25/11). 

Baca juga : Pemprov Papua Barat Daya Prioritaskan Program Kesejahteraan Masyarakat

Abetnego menambahkan selain guru-guru di bawah Kemendikbudristek, pemerintah juga memberikan perhatian terhadap kesejahteraan guru madrasah. Pada November 2023, imbuh dia, pemerintah mencairkan tunjangan guru inpassing bagi 100 ribu guru madrasah dengan besaran Rp 1,4 juta per bulan. 

Selain itu, pemerintah juga mulai membayarkan iuran BPJS Ketenagakerjaan bagi 221 ribu guru non PNS di bawah Kemenag. “Sebagai perlindungan jaminan sosial bagi guru-guru kita,” jelasnya. 

Baca juga : Beri Kuliah Umum FHISIP UT, Bamsoet Dorong Pengembangan Leader-preneurship

Pada kesempatan itu, Abetnego juga menyampaikan pemerintah terus memenuhi kebutuhan guru khususnya di sekolah negeri. Dari target capaian 1,1 juta guru PPPK sudah terpenuhi 850 ribu guru, dan akan terus bertambah pada akhir tahun ini. Selain itu pemerintah saat ini juga sedang menyiapkan skema PPPK untuk memenuhi kebutuhan tenaga kependidikan.

“Pemerintah juga siapkan skema khusus untuk memenuhi kebutuhan guru di wilayah Papua, yakni merekrut guru lulusan SMA/SMK. Mereka nantinya akan diberikan kesempatan mengajar sambil melanjutkan studi ke jenjang S1 dan pendidikan profesi,” tutur Abetnego. 

Baca juga : Lestari Desak Kompetensi Dan Kesejahteraan Guru Ditingkatkan

Selain isu kesejahteraan, peningkatan kompetensi guru kejuruan juga menjadi perhatian. Adapun terkait dengan peningkatan kompetensi guru SMK, menurut Abetnego program SMK PK telah memberikan ruang yang lebih luas bagi guru untuk pengembangan diri, baik melalui program magang guru, guru tersertifisi industri, praktisi mengajar, hingga kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). 

“Semua upaya ini bentuk komitmen pemerintah meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru di Indonesia,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.