Dark/Light Mode

Holding Angkasa Pura Resmi Dibentuk, Faik Fahmi Ditunjuk Jadi Dirutnya

Jumat, 29 Desember 2023 10:30 WIB
Faik Fahmi. (Foto: Ist)
Faik Fahmi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Aviasi Pariwisata Indonesia (InJourney) resmi membentuk holding PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports). Faik Fahmi ditunjuk menjadi dirutnya.

Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria mengatakan, pembentukan InJourney Airports tersebut akan menjadikan bandara-bandara di dalam pengelolaan InJourney Group menjadi lebih sehat dan profitable.

“Dengan adanya InJourney Airports akan meningkatkan keramahtamahan terhadap penumpang dengan memberikan experience yang lebih berkesan kepada pengguna jasa bandara seperti fit out yang lebih menarik, tenant mixing lebih berkualitas, dan memanjakan para pengguna jasa dengan pelayanan sepenuh hati,” kata Dony.

InJourney Airports akan menangani total 172 juta penumpang per tahun dan akan berada di urutan ke-5 perusahaan operator bandara terbesar di dunia, mengalahkan Vinci Airports (Prancis) dan GMR Group (India). Dalam beberapa tahun ke depan, InJourney Airports akan menjadi perusahaan pengelola bandara terbesar ke-3 di dunia.

Baca juga : Tak Penuhi Syarat, Pemberhentian Firli Bahuri Tak Ditindaklanjuti Istana

"Dengan memberikan pengalaman yang lebih baik serta merata di seluruh bandara di Indonesia ditambah penataan pada seluruh lini sektor pariwisata, maka potensi untuk mendatangkan wisatawan akan lebih terbuka lebar," ujar Dony.

Selain itu, seluruh upaya transformasi ini akan memberikan beragam manfaat baru yang dapat dirasakan oleh masyarakat khususnya dalam memberikan layanan bagi para pengguna jasa bandara.  "Dengan integrasi bandara tentu akan meningkatkan konektivitas domestik dan internasional, meningkatkan kualitas customer service, serta memperkuat kinerja keuangan perusahaan," tutur Dony. 

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, pihaknya terus melakukan konsolidasi dan simplifikasi jumlah BUMN sesuai arahan Presiden Jokowi untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi nasional yang bersumber dari sektor pariwisata dari 5 persen menjadi 10 persen. 

Dia berharap, pembentukan InJourney Airports akan meningkatkan kualitas pelayanan sehingga wisatawan akan mendapatkan kesan serta pengalaman yang sama saat berada di seluruh bandara di Indonesia melalui standardisasi sistem operasi dan kebijakan lainnya.

Baca juga : Wuling BinguoEV Resmi Meluncur, Harganya Mulai Dari Rp 358 Jutaan

Berikut jajaran Direksi dan Komisaris PT Angkasa Pura Indonesia: 

Direksi

Direktur Utama: Faik Fahmi
Direktur Strategi dan Pengembangan Teknologi: Ferry Kusnowo
Direktur Komersial: Muhammad Rizal Fahlevi
Direktur Human Capital: Achmad Syahir 
Direktur Operasi: Wendo Asrul Rose
Direktur Teknik: Muhammad Suriawan Wakan
Direktur Keuangan & Manajemen Risiko: Yanindya Bayu Wirawan

Komisaris

Baca juga : Hore, Ongkos Naik Haji Tidak Jadi Ratusan Juta

Komisaris Utama: Novie Riyanto Rahardjo
Komisaris: Cahyo Rahardian Muzhar 
Komisaris Independen: Achmad Syah Reza
Komisaris Independen: Djamaluddin.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.