Dark/Light Mode

Sudah Gelontorkan Rp 7,5 Triliun

Airlangga Jamin BLT El Nino Tepat Sasaran

Sabtu, 30 Desember 2023 07:10 WIB
Menteri Koordina­tor (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Antara)
Menteri Koordina­tor (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah melaporkan telah menggelontorkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino sebesar Rp 7,52 triliun. Dan dipastikannya, penyaluran bantuan sosial (bansos) tersebut tepat sasaran.

Pemerintah menyaluran BLT ke masyarakat melalui Pos Indonesia. BUMN ini dipercaya karena selama ini akurat dalam menyalurkan bansos.

“Pos Indonesia, jarang ngirim surat salah alamat. Kirim bansos (lewat PT Pos) juga pasti tepat sasaran,” kata Menteri Koordina­tor (Menko) Bidang Perekono­mian Airlangga Hartarto di Kantor Pos Indonesia cabang Oceania, Daan Mogot, Petamburan, Jakarta Barat, Jumat (29/12/2023).

Baca juga : Sudah Habiskan 23 Triliun, Pemilu Berat Di Ongkos

Airlangga menjelaskan, BLT merupakan program Pemerin­tah untuk menghadapi dampak buruk ekonomi masyarakat. Kebijakan ini diambil karena da­lam perkembangannya, El Nino berdampak besar terhadap hasil pertanian di Indonesia.

“Musim tanam yang seharus­nya bulan lalu sampai hari ini belum mulai, terutama di daerah. Sehingga, diperkirakan panen raya di bulan April 2024 akan mundur ke bulan Juni 2024,” kata Airlangga.

Airlangga berharap, BLT El Nino membantu masyarakat terdampak untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok dan meningkatkan daya belinya.

Baca juga : Airlangga: Warga Ingin BLT Lagi Tahun Depan

Disebutkannya, BLT El Nino menyasar 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Bantuan yang diberikan sebe­sar Rp 200 ribu sebanyak dua kali, dengan sistem satu kali pemba­yaran. Jadi totalnya Rp 400 ribu,” kata Airlangga, di depan 60 orang perwakilan masyarakat penerima BLT El Nino.

Tak hanya BLT, paparnya, KPM menerima bantuan beras 10 kilogram.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.