Dark/Light Mode

Dialog Serap Aspirasi Masyarakat Di Yogyakarta

Airlangga: Warga Ingin BLT Lagi Tahun Depan

Selasa, 26 Desember 2023 07:10 WIB
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Har­tarto. (Foto: Antara)
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Har­tarto. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah memastikan ketepatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebagai antisipasi dampak fenomena anomali cuaca El Nino. Salah satunya dengan mengecek dan melakukan temu wicara langsung dengan masyarakat penerima BLT El Nino di Kantor Pos Cabang Utama Yogyakarta, Minggu (24/12/2023).

Temu wicara dengan masyarakat ini dilakukan oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Har­tarto. Kegiatan ini juga sekali­gus untuk menyaring aspirasi masyarakat terkait kemanfaatan dan keberlanjutan program ban­tuan tersebut.

Ketua Umum Partai Golkar ini mengatakan, BLT El Nino diberikan ke masyarakat yang masuk kriteria penerima untuk mengantisipasi harga-harga pangan yang naik akibat fenomena alam El Nino.

Baca juga : Lonjakan Pergerakan Masyarakat di Puncak Pertama Libur Nataru Masih Terkendali

“Alhamdulillah, sampai saat ini Pemerintah bisa menjaga harga beras dan minyak goreng tetap stabil,” kata Airlangga dalam keterangan resmi Kemenko Perekono­mian, Senin (25/12/2023).

Untuk diketahui, El Nino merupakan fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normal yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah hingga timur.

Pemanasan SML ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan mengurangi curah hujan di wilayah sekitarnya, termasuk di Indonesia.

Baca juga : Herviano Sapa Masyarakat Dalam Acara Jalan Santai Dan Istighosah Akbar Di Kendal

Dampak signifikan El Nino di Indonesia yang terjadi, yakni kekeringan, kekurangan air ber­sih, gagal panen, serta kebakaran hutan dan lahan.

Airlangga mengatakan, dengan total anggaran mencapai Rp 7,52 triliun, BLT El Nino telah disalur­kan Pemerintah mulai November hingga Desember 2023. Besaran­nya untuk masyarakat penerima Rp 400 ribu per 2 bulan atau Rp 200 ribu per bulan.

Penyaluran BLT El Nino me­nyasar kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan untuk Kota Yogyakarta tercatat memiliki 22.810 KPM dengan total bantuan yang disalurkan sebesar Rp 9,12 miliar.

Baca juga : Jangan Takut Dan Malu Adukan Pelaku KDRT

Secara keseluruhan hingga 21 Desember 2023, BLT El Nino telah disalurkan Rp 6,72 triliun atau mencapai 89,36 persen, dan sebesar Rp 795 juta bantuan sedang dalam proses penyaluran.

“Kami harapkan akhir tahun 2023 seluruh bantuan tersebut dapat tersalurkan dengan tepat sasaran,” harap Airlangga.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.