Dark/Light Mode

Sudah Gelontorkan Rp 7,5 Triliun

Airlangga Jamin BLT El Nino Tepat Sasaran

Sabtu, 30 Desember 2023 07:10 WIB
Menteri Koordina­tor (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Antara)
Menteri Koordina­tor (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Selain Pos Indonesia, Pemerintah menyalurkan BLT El Nino melalui Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Namun, Air­langga belum mengetahui realisasi penyalurannya karena pihaknya masih menghimpun datanya.

Airlangga yakin, penyaluran BLT tepat sasaran karena ia menyaksikan langsung para penerimanya. Misalnya, KPM yang ditemuinya di Yogyakarta, berprofesi sebagai tukang becak. Kemudian, penerima KPM di Jakarta Barat, mayoritas tidak bekerja.

Baca juga : Sudah Habiskan 23 Triliun, Pemilu Berat Di Ongkos

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyampaikan, bahwa BLT El Nino merupakan cara un­tuk mendongkrak daya beli masyarakat.

Menurut Presiden, fenom­ena El Nino membuat banyak produksi pangan gagal dan akh­irnya pedagang menaikkan harga di pasar.

Baca juga : Airlangga: Warga Ingin BLT Lagi Tahun Depan

“Kami harapkan dengan sun­tikan itu daya beli rakyat bisa menjadi kembali normal,” ujar Jokowi, Rabu (27/12/2023).

Meski saat ini belum terlihat dampaknya secara signifikan, Jokowi meyakini daya beli masyarakat akan meningkat setelah penyaluran BLT El Nino selesai dilakukan.

Baca juga : Pemerintah Salurkan BLT

Soal cadangan pangan nasional, Jokowi memastikan, dalam kon­disi yang aman. Saat ini tersedia 1,4 juta ton cadangan beras. “Jumlahnya akan bertambah karena akan ada (beras impor-red) yang masuk lagi,” ujarnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 30/12/2023 dengan judul Sudah Gelontorkan Rp 7,5 Triliun, Airlangga Jamin BLT El Nino Tepat Sasaran

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.