Dark/Light Mode

Jajal Kereta Luxury New Generation, Wamen Tiko: KA Harus Jadi Gaya Hidup Baru

Sabtu, 30 Desember 2023 16:34 WIB
Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo (kiri) dan Dirut KAI Didiek Hartantyo saat menjajal Kereta Luxury New Generation dalam rangkaian KA Argo Dwipangga, Sabtu (30/12/2023). (Foto: Firsty Hestyarini/Rakyat Merdeka/RM.id)
Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo (kiri) dan Dirut KAI Didiek Hartantyo saat menjajal Kereta Luxury New Generation dalam rangkaian KA Argo Dwipangga, Sabtu (30/12/2023). (Foto: Firsty Hestyarini/Rakyat Merdeka/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri (Wamen) BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengapresiasi langkah PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, yang kembali menghadirkan inovasi lewat Kereta Eksekutif dan Kereta Luxury New Generation dalam rangkaian Kereta Api (KA) Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan.

Menurutnya, inovasi tersebut merupakan upaya nyata KAI untuk menjadikan kereta sebagai gaya hidup. Tak sekadar alternatif transportasi belaka.

“Kereta api memang harus menjadi gaya hidup baru. Bukan hanya sebagai alternatif. Kalau dulu kereta lebih menyasar segmen middle-low, sekarang ini kereta harus di-upgrade. Supaya segmen middle up juga mau naik kereta. Sekelas dengan kereta Jepang dan Eropa,” kata Wamen yang akrab disapa Tiko, saat menjajal Kereta Luxury New Generation dalam rangkaian KA Argo Dwipangga bersama media, Sabtu (30/12/2023). Didampingi Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dan Direktur Pengembangan Usaha dan Kelembagaan KAI, Rudi As Aturridha.

Hal itu, menurut Tiko, terbukti lewat peluncuran Kereta Cepat Whoosh dan LRT Jabodebek. Dia bilang, masyarakat kini melihat, kereta api tak hanya sekadar alternatif, tetapi sudah menjelma menjadi gaya hidup baru.

“Harus dibikin, supaya orang mau bayar mahal untuk lifestyle. Jadi, gerbongnya di-upgrade,” ujar Wamen Tiko.

Baca juga : Cacat Permanen Akibat Terjerat Kabel Optik, Sultan Optimis Jalani Hidup Baru 

Kereta Eksekutif dan Kereta Luxury New Generation produksi PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA, dihadirkan dalam rangkaian KA Argo Dwipangga relasi Stasiun Gambir - Solo Balapan (PP), sejak 13 Desember 2023.

Rangkaian kereta itu terdiri dari 7 kereta kelas Eksekutif, 3 kereta kelas Luxury, 1 kereta makan, dan 1 kereta pembangkit.

Sejak dioperasikan hingga hari ini, tiket kereta tersebut selalu ludes terjual.

Merujuk situs resmi KAI, harga tiket Eksekutif New Generation ada di kisaran Rp 495-695 ribu. Sedangkan Luxury New Generation Rp 1.275.000 - Rp 1.400.000.

Fasilitas Keren

Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation dipisahkan oleh pintu penghubung elektrik otomatis. Cukup tekan tombol, pintu langsung terbuka. Suara buka-tutup pintu nyaris tak ada.

Baca juga : Mercure Convention Center Ancol Hadirkan Pengalaman Berbeda di Malam Tahun Baru

 

Passenger Information Display System (PIDS) di Kereta Luxury New Generation, dalam rangkaian KA Argo Dwipangga. (Foto: KAI)


Di samping itu, juga tersedia Passenger Information Display System (PIDS) yang menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan.

Jendela Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation telah di-upgrade menjadi tempered double glass, dari sebelumnya tempered glass. Sehingga tingkat keamanannya menjadi lebih tinggi, meminimalkan panas berlebih dan sinar UV ke dalam ruangan, serta mereduksi kebisingan.

Bagaimana dengan charger port untuk mengecas gadget? USB charger port  Ada pada masing-masing kursi, di samping stop kontak yang telah tersedia di dinding kereta. Sehingga, penumpang dapat terus menggunakan perangkat HP, laptop, dan smart watch tanpa khawatir kehabisan daya.

 

Wamen Tiko dan Dirut KAI Didiek Hartantyo di ruang restorasi KA Dwipangga. (Foto: Firsty Hestyarini/RM.id)

Baca juga : Jalan Sehat Bareng Gibran, Makassar Jadi Lautan Manusia

 

Kereta makannya mewah, dengan interior dan furnitur premium. Didominasi sentuhan kayu, dengan kursi makan yang lebih empuk dan lembut.

Mushola pun tersedia. Juga dua toilet yang dipisah untuk laki-laki dan perempuan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.