Dark/Light Mode

Puncak Arus Balik Nataru Diprediksi 2 Januari, AP II Fokus Di Sejumlah Titik Pelayanan

Senin, 1 Januari 2024 18:00 WIB
Bandara Soekarno Hatta terus memberikan pelayanan pemumpang dalam kelancaran arus balik pada periode sibuk Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023/2024. (Foto: Istimewa)
Bandara Soekarno Hatta terus memberikan pelayanan pemumpang dalam kelancaran arus balik pada periode sibuk Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023/2024. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Agus Haryadi menjelaskan, kolaborasi yang erat di antara stakeholder juga diperlukan untuk memastikan kelancaran arus balik.

“Terminal Operation Center di bandara-bandara AP II, juga Airport Operation Control Center (AOCC) di Bandara Soekarno-Hatta, dan Posko Monitoring Nataru di seluruh bandara," ucap Agus Haryadi.

Menurutnya hal ini menjadi wadah kolaborasi dan koordinasi seluruh pihak untuk memastikan kelancaran operasional bandara, pergerakan pesawat di bandara, dan alur penumpang.

Adapun titik penting operasi dan pelayanan Agus Haryadi mengatakan pada arus balik ini, AP II fokus pada sejumlah titik penting pada aspek operasi dan aspek pelayanan.

Baca juga : Jamin Kelancaran Nataru, Pemprov Jateng Siapkan Posko Di Perbatasan Dan Terminal

Titik penting pada aspek operasi adalah alokasi parkir pesawat, penanganan bagasi penumpang pesawat, ketersediaan moda transportasi publik dan lalu lintas di bandara.

Agus Haryadi menuturkan koordinasi dengan maskapai dan perusahaan ground handling terus diperkuat sehingga proses penanganan bagasi mulai dari pesawat hingga ke baggage claim area di terminal penumpang, dan sebaliknya, dapat berjalan baik dan lancar.

“Kelancaran penanganan bagasi membutuhkan kolaborasi seluruh pihak. Alokasi parkir pesawat juga mendukung kelancaran penanganan bagasi," ujarnya.

Lebih lanjut Agus Haryadi menuturkan AP II juga telah berkoordinasi dengan penyedia transportasi publik agar dapat melakukan rotasi dengan baik terhadap armadanya sehingga dapat menyediakan transportasi bagi penumpang pesawat.

Baca juga : Survei Terbaru: Ganjar-Mahfud Teratas, AMIN Diprediksi Kandas Di Putaran Pertama

“Di Bandara Soekarno-Hatta, kami memiliki Land Transport Control Center (LTCC) untuk memantau pergerakan transportasi darat seperti taksi, bus dan lainnya selama 24 jam," ujar Agus Haryadi.

Hal ini menurutnya guna memastikan ketersediaan armada bagi penumpang pesawat untuk mengantar mereka menuju tempat tinggal.

Bandara-bandara AP II juga berkoordinasi dengan para stakeholder serta didukung pihak berwenang dalam memastikan kelancaran lalu lintas di dalam bandara, khususnya pada pintu masuk dan pintu keluar bandara.

Sementara itu, titik penting pada aspek pelayanan adalah manajemen terkait keterlambatan penerbangan, fasilitas publik, serta proses keberangkatan maupun kedatangan.

Baca juga : Tersebar Di 23 Provinsi, SILO Fokus Tingkatkan Layanan Kesehatan

“Potensi keterlambatan penerbangan atau delay pasti ada, karena beragam faktor. Maskapai dan pengelola bandara akan menjalankan manajemen delay sesuai dengan prosedur dan regulasi,” jelas Agus Haryadi.

Seluruh fasilitas publik dan pelayanan umum di bandara AP II juga dipastikan mampu memberikan pelayanan yang baik.

Pada arus balik, bandara AP II juga memastikan seluruh pelayanan pada pada proses keberangkatan penumpang, termasuk apabila ada kendala terkait jadwal dan tiket penerbangan yang dimiliki penumpang.

"Kami mengimbau kepada para penumpang pesawat agar tiba lebih awal di bandara agar dapat memproses keberangkatan dengan baik di tengah periode sibuk arus balik Nataru," pungkas Agus Haryadi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.