Dark/Light Mode

Wapres: Kinerja Pasar Modal Topang Pertumbuhan Ekonomi

Selasa, 2 Januari 2024 15:48 WIB
Wapres KH Ma’ruf Amin membuka perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI). (Foto: Setwapres)
Wapres KH Ma’ruf Amin membuka perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI). (Foto: Setwapres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wapres KH Ma’ruf Amin optimis kinerja pasar modal dapat menopang stabilitas pertumbuhan ekonomi pada 2024 melalui kebijakan yang tepat.

“Dengan eksekusi strategi dan kebijakan yang tepat, saya meyakini pasar modal Indonesia mampu berkinerja lebih cerah,” ujar Kiai Ma’ruf pada Pembukaan Perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2024 di Main Hall Bursa Efek Indonesia, Jl. Jenderal Sudirman, Kav. 52-53, Senayan, Jakarta, Selasa (2/1/2024).

Menurut Wapres, jika merujuk pada kinerja pasar modal Indonesia sepanjang 2023, optimisme pertumbuhan yang positif harus terus ditingkatkan. Selain stabilitas pasar modal yang terjaga, pertumbuhan positif nampak dari meningkatnya aktivitas perdagangan, jumlah penghimpunan dana, serta jumlah investor ritel. “Investor ritel pasar modal yang kini mencapai lebih dari 12 juta, mengindikasikan adanya partisipasi masyarakat yang kian membaik,” papar Wapres.

Baca juga : Simak Penjelasan BMKG, Soal Gempa Beruntun Malam Ini Di Kabupaten Sukabumi

Wapres juga meyakini, pertumbuhan baik ini merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi yang baik antarsemua pihak terkait. Untuk itu, ia mengapresiasi, kerja baik yang selama ini telah terjalin.

“Keberhasilan kinerja BEI tidak terlepas dari sinergi semua pemangku kepentingan dan lembaga otoritas, termasuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK), melalui peningkatan kualitas produk dan layanan, serta penguatan ekosistem pasar modal Indonesia,” ujar Wapres.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi kepada OJK, BEI, beserta segenap pemangku kepentingan pasar modal Indonesia atas capaian kinerja yang tinggi,” tambahnya.

Baca juga : Prabowo: Jokowi Berhasil Jaga Perdamaian di Indonesia

Menutup sambutannya, Wapres mengimbau, agar faktor-faktor global yang berpotensi mendatangkan risiko terhadap perekonomian Indonesia, termasuk bursa efek, untuk terus dicermati dan navigasi dengan tepat. Ia berharap, Pembukaan Perdagangan BEI Tahun 2024 hari ini, dapat menjadi awal yang baik bagi kemajuan pasar modal Indonesia ke depan.

“Kiranya Pembukaan Perdagangan Bursa Efek Indonesia Tahun 2024 menandai dimulainya tahun berkah bagi seluruh masyarakat Indonesia,” harap Wapres.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Mahendra Siregar mengatakan, kinerja pasar modal Indonesia di tahun 2023 menunjukkan tren positif, meskipun di tengah kondisi ekonomi global yang fluktuatif. Ke depan, Mahendra menekankan, untuk memberikan kinerja yang lebih baik, seluruh pihak terkait harus terus menunjukan integritas dan mematuhi kebijakan yang telah diterbitkan.

Baca juga : Nataru Berjalan Damai Wujud Toleransi Tinggi Masyarakat Indonesia

Hadir dalam acara ini di antaranya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar, Direktur Utama BEI Iman Rachman, Wakil Ketua Lembaga Penjamin Simpanan Soelistianingsih, dan Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Inarno Djajadi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.