Dark/Light Mode

Ganjar Pranowo, Capres Paket Komplet Yang Menggambarkan Indonesia

Rabu, 20 Desember 2023 21:06 WIB
Capres Ganjar Pranowo/Dwi Pambudo RM
Capres Ganjar Pranowo/Dwi Pambudo RM

RM.id  Rakyat Merdeka - Ini sekilas cerita soal Ganjar Pranowo. Sebelum menjadi Calon Presiden (Capres), Ganjar maju sebagai calon Gubernur dalam Pemilihan Umum Gubernur Jawa Tengah (Jawa Tengah) pada 2013. Dia menggandeng Heru Sudjatmoko yang diusung PDI Perjuangan. 

Ganjar dan Heru dikenal dengan jargon “Mboten Korupsi Mboten Ngapusi” yang artinya tidak korupsi tidak membohongi. Keduanya menjadi pemenang Pilkada Jateng dengan perolehan suara mencapai 48,82 persen.

Setahun menjadi Gubernur Jateng, Ganjar terpilih menjadi Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA), dalam Kongres KAGAMA di Kendari, Sulawesi Tenggara, November 2014.

Terpilihnya Ganjar Pranowo sebagai Ketua KAGAMA melalui proses musyawarah dengan tiga calon lainnya, yakni: 

1.    Sri Sultan Hamengkubuwono X yang merupakan Ketua Umum KAGAMA periode 2009 sampai 2014

Baca juga : Tekad Ganjar, Kredit Macet Nelayan Akan Dihapus

2.    Budi Karya Sumadi (saat ini Menteri perhubungan) yang merupakan Ketua Pengda KAGAMA DKI Jakarta

3.    Usman Rianse yang merupakan Pengda KAGAMA Sulawesi Tenggara. 

Dukungan ketiga calon Ketum KAGAMA itu menandai kepiawaian Ganjar bernegosiasi dan merangkul lawan menjadi kawan.  

Pada 2019, Ganjar kembali maju sebagai calon Gubernur Jateng untuk periode II dengan menggandeng Taj Yasin Maimoen yang merupakan anggota DPRD Jawa Tengah periode 2014-2019 dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP),  Daerah Pemilihan Jawa Tengah 3. 

Kemenangan kembali berpihak pada Ganjar dengan perolehan suara 58,78 persen atau 10.362.694 suara.

Baca juga : Ganjar Pranowo, Sosok Yang Memiliki Semangat Dan Jiwa Kepemimpinan

Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen resmi menjadi Gubernur Jawa Tengah tahun 2018 sampai 2023.

Pada 21 April 2023, Ganjar mendapat mandat menjadi capres PDI Perjuangan. Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengumumkan nama Ganjar sebagai Capres dalam Pilpres 2024 usai pertemuan petinggi PDI Perjuangan di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat. Hadir dalam pertemuan itu, sejumlah elite PDI Perjuangan dan Presiden Jokowi.

Merespons penunjukan Ganjar Pranowo sebagai capres yang diusung PDI Perjuangan di Pemilu 2024, Jokowi mengatakan sangat menghargai dan mengapresiasi keputusan Megawati. 

"Pak Ganjar adalah pemimpin yang dekat dengan rakyat, selalu turun ke bawah, dan selalu ideologis," kata Jokowi yang ditemui wartawan di Istana Batu Tulis, usai penunjukkan Ganjar Pranowo sebagai Capres. 

Pada 5 September 2023, Ganjar resmi melepas jabatan sebagai Gubernur Jateng yang telah diembannya selama 10 tahun. Ganjar Pranowo dan Mahfud MD kemudian mendaftarkan diri sebagai capres dan cawapres secara resmi pada 19 Oktober 2023. 

Baca juga : Prabowo Ziarah Ke Makam Bung Karno

Berdasarkan rekam jejak, banyak kalangan menilai Ganjar sosok capres paket lengkap. Siapa sangka, sang mahasiswa hobi demo kini menjadi salah satu putra terbaik bangsa,  yang maju sebagai Capres pada Pilpres 2024 dengan jargon Sat Set. 

Ganjar adalah gambaran komplet dari Indonesia, baik secara kultural, moral, maupun sikap.

Semoga tempaan panjang yang dilalui Ganjar menginspirasi para mahasiswa yang kritis, tak hanya berani protes, tapi juga berani berproses. Siapa tahu, Anda pun bisa mengikuti jejak Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.