Dark/Light Mode

Alasan Mitsubishi Tak Bekali XForce Panoramic Roof

Jumat, 12 Januari 2024 18:07 WIB
Mitsubishi XForce. (Foto: Ist)
Mitsubishi XForce. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mitsubishi XForce resmi meluncur di Indonesia tahun lalu. Kehadiran mobil ini mendapat antusias dari masyarakat karena fitur-fiturnya. 

Meski begitu tak jarang ada yang mempertanyakan kenapa XForce belum dibekali panoramic roof/sunroof. Padahal, pesaingnya sudah dibekali fitur itu.

Mendapat pertanyaan itu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) punya alasannya sendiri. 

Baca juga : Awal Tahun, Mitsubishi Rombak Jajaran Direksi

Presiden Direktur MMKSI, Atushi Kurita mengatakan, sebenarnya XForce bisa dipasangi panoramic roof. Di Jepang, kata dia, pihaknya punya Outlander Sport yang punya panoramic roof. Jadi secara teknikal, pihaknya tidak punya kesulitan untuk memasang panoramic roof.

“Alasan mengapa kami tidak pakai, karena kami memiliki sistem audio premium dari Yamaha,” ujarnya, Jumat (12/1/2024).

Alasan lainnya, kata dia, untuk mendapatkan performa yang baik dan ruangan yang nyaman. Dan, ruangan yang lebih luas. “Makanya kami memiih untuk tidak memasang panoramic roof. Selain itu, kami juga ingin mobil ini punya efisiensi bahan bakar yang baik,” ujarnya.

Baca juga : Alam Ganjar Menari Kecak Bersama Para Seniman Uluwatu

Menurut dia, berdasarkan pengalamannya, mobil yang sudah dilengkapi dengan panoramic roof konsumsi bahan bakarnya sedikit terpengaruh. “Ini alasan kami akhirnya tidak menggunakan panoramic roof,” katanya.

Menurut dia, pemasangan panoramic roof akan berdampak pada headroom yang ada di dalam mobil. Jika ada panoramic roof maka ruangan kepala di mobil akan jadi berkurang. Jadi lebih pendek.

“Kami sekarang mencoba melakukan studi, jika memang diperlukan ke depannya kami bisa sajamemasang panoramic roof. Selain itu kami juga perlu mempelajari apakah Yamaha audio akan terpengaruh oleh kondisi pemasangan panoramic roof,” ujarnya.

Baca juga : Nadin Amizah, Takut Direkam Fans Diam-diam

General Manager Marketing and PR Communication MMKSI, Intan Vidiasari mengatakan, XForce memiliki sound system yang sangat canggih dari Yamaha. Sistem tata suara tersebut dikembangkan bersamaan dengan pengembangan model XForce oleh Mitsubishi Motors dan Yamaha.

Fitur-fitur seperti speed compensated volume, kekedapan suara terbaik di kelasnya, yang juga dipengaruhi oleh struktur sejak awal pengembangan XForce termasuk Dynamic Sound Yamaha Premium, dan memastikan kenyamanan kabin XForce dengan headroom yang luas.

“Jadi sebenarnya dynamic sound itu bukan audio biasa. Jadi bukan sekadar dipasang saja. Audio itu didesain bersama mobilnya. Saat mobilnya berakselerasi dan kena hujan, dia punya teknologi sensor yang bisa menyesuaikan kualitas suaranya. Jadi kalau musiknya terasa lebih kencang itu karena mobil melewati kondisi jalan yang kurang ideal,” ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.