Dark/Light Mode

Mengenal Lebih Dalam 4 Mode Berkendara Mitsubishi XForce

Jumat, 12 Januari 2024 22:16 WIB
Mitsubishi XForce. (Foto: Ist)
Mitsubishi XForce. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu daya tarik Mitsubishi XForce adalah keberadaan fitur drive mode atau mode berkendara. Mitsubishi XForce adalah satu-satunya compact SUV yang disematkan fitur canggih tersebut di Indonesia.

Fitur canggih ini disematkan pada varian ULTIMATE atau tipe tertinggi XForce untuk memberikan sensasi mengemudi yang lebih beragam dan sesuai untuk berbagai kondisi jalan.

Terdapat 4 mode berkendara yang bisa diatur pengemudi pada Mitsubishi XForce, yaitu Normal, Wet, Gravel, dan Mud. Sesuai namanya, Normal untuk medan jalan yang umum, Wet untuk situasi hujan atau basah, Gravel untuk kondisi tanah atau kerikil, dan Mud untuk lumpur.

Baca juga : Mengenal Lebih Dekat Kakorlantas Baru Brigjen Pol Aan Suhanan

Asyiknya, pilihan mode berkendara tersebut cukup diatur melalui tombol di sebelah tuas transmisi. Pilihan mode berkendaranya akan tampil pada layar di dasbor sehingga memudahkan pengemudi memantaunya.

Cara kerja fitur canggih ini melibatkan pengaturan mesin, transmisi, rem, dan power steering yang kemudian terintegrasi dengan kontrol traksi, kontrol stabilitas, dan Active Yaw Control (AYC).

Head of Technical Sales Division PT MMKSI, M Arif Dwiyanto mengatakan, Wet mode untuk membantu pengemudi melewato jalanan hujan dan basah. Karekater Wet itu berbeda dengan Gravel dan Mud. Karena kondisi Mud dan gravel itu lebih licin lagi dibanding wet, jadi settingnya berbeda.

Baca juga : Pemkot Bekasi Minta Publik Laporkan ASN

“Itu wet tracton control dioptimalkan sedangkan repsons pedal gas dibuat lebih setingkat dari normal,” ujarnya.

Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar mengatakan, ada empat drive mode yang ada di mobil yakni Normal, Gravel, Wet, sama Mud. Empat drive mode enggak ada hubungannya sama transmisi. Tapi berhubungan dengan steering throttle control, sama AYC, dan satu lagi rem.

“Itu semua akan terkalibrasi untuk tindakan preventif yang kita lewati di jalan mana pun,” tukasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.