Dark/Light Mode

Diyakini Bakal Lebih Sehat

Restrukturisasi ID Food Dipatok Kelar Tahun Ini

Sabtu, 13 Januari 2024 07:20 WIB
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo. (Foto: Antara)
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Meski demikian, ia memas­tikan, restrukturisasi ini bakal beres di tahun ini juga, sebelum pergantian Pemerintah.

“Ini (restrukturisasi) harus beres di tangan saya. Saya tidak mau, ini tidak beres di 9 bulan ini. Saya tidak mau, meninggalkan masalah ke periode berikutnya,” janji man­tan bos Bank Mandiri itu.

Ia pun menuturkan, saat ditun­juk untuk membenahi kondisi perusahaan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI), selaku induk dari Holding ID Food, hal pertama yang dilakukan adalah membereskan keuangan perusahaan.

“Dalam konteks ID Food, tentunya ini menjadi hal yang tidak mudah. Karena kita tahu kondisi keuangan harus diper­baiki segera,” ungkapnya.

Baca juga : Menteri Hadi Tjahjanto Bagikan 279 Sertipikat Redistribusi Tanah Di Muaro Jambi

Ia menilai, tanpa perbaikan kondisi keuangan yang signifi­kan, tentunya kontributif, baik kepada pemegang saham mau­pun kepada stakeholders, akan menjadi tantangan besar.

Apalagi sebelum terbentuk holding, awalnya RNI memiliki 11 anak usaha, yang selanjutnya dilakukan konsolidasi. Sehingga kini hanya ada lima BUMN yang menjadi anggota holding.

Ia pun membeberkan, bahwa setelah membenahi kondisi keuangan, langkah restrukturi­sasi selanjutnya adalah melaku­kan transformasi model bisnis.

Tujuannya, kata dia, agar ang­gota Holding BUMN Pangan bisa memiliki fokus masing-masing.

Baca juga : Lingkar Madani: Semangat Reformasi Jalan Keluar Hadapi Persoalan Bangsa

“Jadi, bukan hanya keuangannya yang ditransforma­si. Tapi business model dan organisasinya juga ditransformasi,” jelasnya.

Hanya saja, pihaknya belum bisa membeberkan lebih lanjut terkait skema transformasi model bisnis yang akan dilakukan.

Namun, dengan dilakukannya perubahan model bisnis, hal ini tentunya akan turut mengubah wewenang di jajaran direksi.

“Nanti mohon maaf, teman-te­man Dirut (Direktur Utama) yang ada di BUMN ID Food, saya akan transform model bisnisnya. Jadi, belum tentu kewenangan­nya sama kayak dulu,” katanya.

Baca juga : Proyek Terminal Kalibaru Tahap 1 B Dipastikan Kelar Tepat Waktu

Hal ini seperti yang dialami Holding Perkebunan, yakni ketika dilakukan restrukturi­sasi, kewenangan direksi di PT Perkebunan Nusantara (PTPN) 1 sampai 14 ikut berubah.

“Dan akhirnya, muncul tiga subholding baru, yakni ada Sugarco, Palmco sama Supportingco,” terangnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 13/1/2024 dengan judul Diyakini Bakal Lebih Sehat, Restrukturisasi ID Food Dipatok Kelar Tahun Ini   

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.