Dark/Light Mode

Salurkan Bantuan Pangan Di NTT

Airlangga Pastikan Stok Beras Aman

Selasa, 16 Januari 2024 07:10 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat memantau pemberian bantuan pangan beras bagi KPM di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT, Senin (15/1/2024). (ANTARA/HO-Gecio Viana)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat memantau pemberian bantuan pangan beras bagi KPM di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT, Senin (15/1/2024). (ANTARA/HO-Gecio Viana)

 Sebelumnya 
Airlangga menegaskan, pe­nyaluran bantuan itu bukan program yang tiba-tiba berjalan, karena bantuan kepada KPM disalurkan sejak masa pandemi Covid-19 sejak 2020.

“Jadi bukan program ujug-ujug, malah masyarakat masih banyak membutuhkan. Karena itu, sejak September dilanjutkan kembali,” kata Airlangga.

Dia mengatakan, penyaluran bantuan menjadi semakin penting terutama untuk masyarakat di NTT. Karena selain dampak fenomena iklim El Nino, para petani juga kesulitan air akibat proyek renovasi waduk yang belum rampung.

Baca juga : Puan Tak Segalak Hasto

Kabupaten Manggarai Barat, yang membawahi di antaranya Labuan Bajo, merupakan salah satu lumbung beras terbesar untuk NTT.

Karena itu, Airlangga me­nilai, mereka yang mengaitkan program penyaluran bantuan pe­merintah dengan agenda politik, kemungkinan melupakan adanya pandemi Covid-19 dan aksi cepat pemerintah menyalurkan bantuan pangan dan bantuan langsung tu­nai kepada masyarakat, terutama mereka yang rentan.

Kepala Badan Pangan Na­sional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan, Bapanas terus mendukung program bantuan pangan dari Pemerintah. Dia juga memastikan stok beras saat ini sangat mencukupi.

Baca juga : Jelang Pemilu, BPH Migas Pastikan Stok BBM Dan LPG Aman

“Kami bersama Bulog selalu memastikan stok CBP aman dan cukup, terutama untuk pelaksanaan bantuan pangan beras tahun 2024. Satu tahapan selama tiga bulan itu membutuhkan beras sekitar 660 ribu kilogram, (kg)” kata Arief.

Arief menjamin stok CBP untuk pelaksanaan bantuan pangan beras tahun ini senan­tiasa secured dan mencukupi. Penguatan stok CBP secara konstan penting dilakukan mengiringi pelaksanaan program-program penyaluran yang tengah digencarkan pemerintah.

Selain sebagai bantalan ekono­mi, Arief menerangkan adanya andil program bantuan pangan beras terhadap pergerakan inflasi nasional, terutama inflasi beras.

Baca juga : Soal Banjir Di Braga Bandung, Pakar ITB: Perlu Ada Lembaga Khusus

Menurutnya, penggelontoran bantuan pangan beras juga dapat menekan harga pasar dan mengendalikan inflasi beras.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 16/1/2024 dengan judul Salurkan Bantuan Pangan Di NTT, Airlangga Pastikan Stok Beras Aman  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.