Dark/Light Mode

BNPT Bangun Kesadaran Publik Lewat Implementasi Pedoman Perlindungan Objek Vital

Rabu, 29 November 2023 23:37 WIB
Foto: BNPT
Foto: BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) berkomitmen membangun kesadaran publik dalam pencegahan aksi radikalisme terorisme.

Caranya, dengan menciptakan kesiapsiagaan nasional, melalui penguatan implementasi Peraturan BNPT Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelindungan Sarana Prasarana Objek Vital yang Strategis dan Fasilitas Publik dalam Pencegahan Tindak Pidana Terorisme.

“BNPT mewujudkan kesiapsiagaan nasional artinya harus ada public awareness, kesadaran publik tentang bahaya intoleran, radikal, ekstremisme, dan terorisme,” kata Plt. Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT Brigjen Imam Margono, saat Rapat Koordinasi Pelibatan BNPT dalam Kegiatan Nasional dan Internasional serta Sosialisasi Peraturan BNPT bersama perwakilan Kementerian/Lembaga serta stakeholders terkait di Bali, Rabu (29/11/2023).

Baca juga : Turun, Kepuasan Publik Ke Pemerintahan Jokowi

Imam menekankan, jika pedoman yang spesifik mendukung pencegahan dan mitigasi terorisme ini perlu dukungan seluruh pihak.

Karena itu Imam mengimbau kementerian/lembaga, pemerintah daerah dan pihak swasta untuk mendukung realisasi pedoman tersebut.

“BNPT telah membuat pedoman untuk diimplementasikan dan ini membutuhkan dukungan dan kolaborasi oleh kementerian, lembaga, dan semua pihak,” katanya.

Baca juga : Kementerian ESDM Diganjar Anugerah Reksa Bandha

Mantan Direktur Pembinaan Kemampuan BNPT ini menjelaskan, dalam pedoman tersebut BNPT melaksanakan sosialisasi dan evaluasi berupa audit sistem pengamanan terhadap fasilitas publik.

Hal ini untuk mempertimbangkan potensi sumber ancaman terorisme dari internal dan eksternal, perencanaan pengamanan, pola pengamanan, rencana untuk merespon situasi darurat saat terjadi aksi terorisme, serta evaluasi.

Audit sistem pengamanan akan digencarkan terutama saat Indonesia menjadi tuan rumah kegiatan internasional dan nasional pada tahun yang akan datang.

Baca juga : Rieke: Semoga Jadi Referensi Kebijakan Pemerintah

Audit ini juga dilakukan pada fasilitas publik yang rentan menjadi sasaran aksi terorisme dan Destinasi Wisata Prioritas.

Tidak hanya melakukan audit, BNPT melalui Subdit Pengamanan Lingkungan pun turut mensosialisasikan pedoman perlindungan kepada stakeholders terkait.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.