Dark/Light Mode

Bantu Pasarkan Produk UMKM

Menteri Erick Dorong BUMN Perbanyak Vending Machine

Selasa, 23 Januari 2024 07:20 WIB
Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga (tengah) didampingi Corporate Secretary PT Pertamina (Persero) Brahmantya Satyamurti Poerwadi (kanan) dan EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji (kiri) menunjukan produk UMKM saat meresmikan Vending Machine BUMN untuk UMKM di Stasiun Gondangdia, Jakarta, Senin (22/1/2024). (Foto: AMA/Rakyat Merdeka/RM.id)
Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga (tengah) didampingi Corporate Secretary PT Pertamina (Persero) Brahmantya Satyamurti Poerwadi (kanan) dan EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji (kiri) menunjukan produk UMKM saat meresmikan Vending Machine BUMN untuk UMKM di Stasiun Gondangdia, Jakarta, Senin (22/1/2024). (Foto: AMA/Rakyat Merdeka/RM.id)

 Sebelumnya 
Ia menilai, terobosan Menteri Erick ini sebagai alternatif solusi bagi pelaku UMKM dengan tu­juan meningkatkan awareness, mencapai target pasar yang luas dan memperkuat product show­case dengan lebih efisien.

Dia meyakini, vending ma­chine menjadi terobosan penting dalam mendukung ekosistem UMKM di Indonesia.

“Program ini tidak hanya memperluas pasar produk UMKM, tetapi juga memberikan pengalaman berbelanja yang unik bagi masyarakat,” katanya.

Ke depan, lanjut Arya, kolaborasi antara BUMN dan UMKM melalui program vending ma­chine akan memberikan dampak positif bagi UMKM.

Baca juga : Kuartal IV 2023, Prabowo Menteri Paling Berprestasi Versi Mediawave

Sebab, dengan memanfaat­kan public area yang dimiliki BUMN, kata Arya, maka produk UMKM bisa dipasarkan lebih baik lagi dan lebih efisien. Karena pelaku usaha tidak perlu menyewa tempat dan membayar orang untuk menjaganya.

“Kami harapkan dari masyara­kat, tolong beli produk UMKM kita. Karena mereka juga ikut menjaga pertumbuhan ekonomi dalam negeri,” ucapnya.

Di kesempatan yang sama, Executive Vice President (EVP) of Corporate Secretary PT KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji mengungkapkan, pihaknya akan terus mendukung produk-produk UMKM. Salah satunya melalui kolaborasi antara KAI, PLN dan Pertamina terkait penyediaan vending machine tersebut.

Ia menilai, pemilihan stasiun ini dikarenakan Gambir meru­pakan stasiun inter city yang paling tinggi keberangkatannya untuk kelas komersial.

Baca juga : Iswaran, Menteri Pertama Singapura Didakwa Korupsi

“UMKM, (jualannya) biasanya di pinggir, atau di ujung (stasiun). Kali ini seperti di Gambir lokasinya strategis, dekat dengan peron keberang­katan kereta api. Jadi, mudah dijangkau oleh pengunjung,” katanya.

Ke depan, pihaknya akan terus menambah jumlah vending machine di stasiun lainnya, yang angka pengunjungnya tinggi.

Sementara General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Lasiran menjelas­kan, dari satu vending ma­chine ini, pihaknya bisa mengakomodir 12 pelaku UMKM dengan 20 varian produk yang tersedia.

“Yang kami libatkan, di Ja­karta, ada 12 UMKM. Karena mereka itu yang sudah dibina oleh PLN. Produknya ada 200 pieces (pcs) di setiap satu vending machine,” terangnya.

Baca juga : Keren! Perhiasan Zero Waste Karya UMKM Binaan Pertamina Mendunia

Ia menegaskan, masyarakat juga tidak perlu ragu untuk membeli produk-produk UMKM tersebut karena selain harganya terjangkau, produknya juga su­dah tersertifikasi halal.

“Dalam waktu dekat, kami juga akan menyiapkan vending machine di bandara Angkasa Pura II. Mudah-mudahan akhir Januari ini sudah siap,” pung­kasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 23/1/2024 dengan judul Bantu Pasarkan Produk UMKM, Menteri Erick Dorong BUMN Perbanyak Vending Machine     

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.