Dark/Light Mode

Perjalanan AQUA Dibedah YouTuber Reinat Fuad

Senin, 29 Januari 2024 23:07 WIB
Proses pendistribusian AQUA galon. (Foto: Istimewa)
Proses pendistribusian AQUA galon. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perjalanan bisnis AQUA dibedah YouTuber Reinat Fuad. Termasuk di dalamnya langkah AQUA menggunakan kemasan galon guna ulang yang ramah lingkungan.

Reinat merupakan pembawa acara talkshow YouTube Kasisolusi. Dia mengaku sengaja mengangkat kisah perjalanan AQUA karena terkesan dengan perjuangan pendirinya, Tirto Utomo.

Kesuksesan ide Tirto mengembangkan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang menantang kebiasaan cara masyarakat mengonsumsi air minum saat itu. Acara yang dibawakan Reinat Fuad itu membahas tentang awal mula AQUA berdiri pada 1970 silam.

Menurutnya, sejak berdiri hingga kini, AQUA mengelola sumber daya air dari hulu sampai hilir yang terintegrasi untuk memberikan kesehatan bagi masyarakat. Dia menjelaskan, dari sisi hulu diwujudkan dengan pengelolaan sumber daya air dengan melakukan penanaman jutaan pohon untuk konservasi sedangkan sisi hilir adalah dengan pengelolaan sampah plastik yang terintegrasi.

Baca juga : Atasi Permasalahan Pupuk, Gibran Berencana Hapus Kartu Tani

"Hal ini juga menarik Danone untuk membeli mayoritas saham AQUA pada tahun 1998," katanya.

Dia menceritakan, keputusan Danone untuk membeli saham mayoritas AQUA karena memiliki visi dan misi yang sama, yakni untuk membuat masyarakat lebih sehat. Danone dan AQUA juga menciptakan simbiosis mutualisme.

AQUA membawa dampak luar biasa bagi Danone dari atas hingga ke bawah. Danone memberikan kesempatan untuk para petinggi AQUA untuk berkembang dalam group sehingga dapat menjadi bekal untuk kesuksesan AQUA di masa depan.

Meski Danone memiliki saham mayoritas, namun sejatinya AQUA merupakan produk lokal. Hal ini ditandai dengan puluhan ribu karyawan AQUA yang merupakan masyarakat Indonesia. Kehadiran AQUA juga ikut menumbuhkan ekonomi nasional.

Baca juga : Tren Perjalanan Milenial dan Gen Z di 2024

“Pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah Pak Tirto Utomo, bahwasanya dalam membangun suatu bisnis itu perlu yang namanya keberanian dalam melihat suatu peluang," katanya.

Dia melanjutkan, AQUA juga terus melakukan riset dan pengembangan dalam membuat produk. Artinya, air yang dikemas bukan berasal dari air biasa yang dimasak dan dipaketkan. Namun dikemas menggunakan teknologi tinggi sehingga memberikan jaminan kualitas kepada masyarakat.

Menurutnya, research and development yang dilakukan berhasil membuat AQUA terus menjadi market leader dalam industri AMDK. Kegigihan Tirto Utomo dalam memasarkan dan mempromosikan AQUA juga terus menginspirasi sehingga sukses menjadi brand image sektor bisnis AMDK.

Kesuksesan AQUA lantas membuat sejumlah perusahaan mendirikan bisnis AMDK. Mereka berusaha menyaingi kedigdayaan AQUA dalam industri tersebut. Kemunculan kompetitor ini tidak membuat Tirto Utomo gentar. 

Baca juga : Penjelasan Prabowo Sudah Tepat Di Debat Capres

Tirto Utomo bahkan mempersilakan kompetitor untuk meniru model bisnis AQUA. Tirto tidak khawatir kemunculan mereka akan menggeser pasar AQUA yang sudah diterima di tengah-tengah masyarakat.

Menurutnya, kemunculan pesaing akan membuat industri semakin maju. Sebab, masyarakat bisa menilai tentang air minum yang bersih dan sehat. Tirto menegaskan kalau hal itu justru malah akan membantu AQUA untuk terus maju.

Unggahan kisah AQUA ditanggapi beragam netizen. Seperti @Mutik5150 yang terinspirasi kegigihan Tirto Utomo, terlebih saat kemunculan kompetitor. Sedangkan pengguna @user-po5uy3nv1y mengaku merasakan dampak kehadiran pabrik AQUA di Klaten, Jawa Tengah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.