Dark/Light Mode

Agincourt Resources Gelar Lomba Karya Jurnalistik 2024, Ini Syaratnya

Selasa, 30 Januari 2024 08:08 WIB
Agincourt Resources Gelar Lomba Karya Jurnalistik 2024, Ini Syaratnya

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe, kembali menyelenggarakan Lomba Karya Jurnalistik 2024.

Sebuah ajang kompetisi bagi seluruh jurnalis di Indonesia dengan tema "Penerapan Aspek ESG (Environment, Social & Governance) untuk Pertambangan Berkelanjutan", dengan total hadiah Rp 60 juta dan kesempatan mengikuti ekspedisi lapangan.

Menurut Corporate Communications Senior Manager Agincourt Resources Katarina Siburian Hardono, kompetisi yang dilaksanakan untuk ketujuh kalinya ini, dirancang sebagai ruang bagi para jurnalis untuk membuat karya jurnalistik yang konstruktif dan inspiratif terkait Tambang Emas Martabe sebagai salah satu tambang emas terbesar di Indonesia.

Baca juga : Pilar 08 Gelar Lomba Masak Bersama Gibran di Banyuwangi

Dirinya mengatakan, lomba ini juga menjadi kesempatan bagi para jurnalis Tapanuli Selatan dan sekitarnya, yang berada di sekitar wilayah operasional Agincourt Resources, untuk turut serta unjuk kemampuan dan berkompetisi di tingkat nasional.

Dijelaskan, selama 12 tahun beroperasi, Agincourt Resources tak hanya berfokus pada pengelolaan teknis pertambangan, tapi juga memiliki komitmen kuat dalam pengelolaan lingkungan, keanekaragaman hayati, hingga pemberdayaan masyarakat lingkar tambang.

"Lomba ini adalah wujud komitmen kami untuk mendorong dialog dan kesadaran mengenai praktik pertambangan yang berkelanjutan" di Indonesia,” terangnya.

Baca juga : AS-Indonesia Gelar Keris Marine Exercise 2023 Di Sukabumi

Dalam lomba tahun ini, peserta dapat memilih salah satu subtema yang telah ditentukan, yaitu Peran Sektor Tambang dalam Dekarbonisasi dan Perlindungan Keanekaragaman Hayati, Kolaborasi Perusahaan Tambang dan Masyarakat Lokal dalam Melestarikan Lingkungan Hidup, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Lingkar Tambang, dan Kontribusi Sektor Tambang dalam Majukan Pendidikan dan Kesehatan Masyarakat.

Katarina menambahkan, karya jurnalistik yang dapat diikutsertakan adalah yang telah dipublikasikan di media massa pada 1 Januari hingga 30 April 2024.

Sedangkan pengumuman pemenang akan dilakukan pada 11 Mei 2024.

Baca juga : Aliansi Mahasiswa Jawa Timur Gelar Mimbar Bebas, Ini Tuntutannya

Seperti penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya, penilaian akan dilakukan dengan seobjektif mungkin oleh para juri yang memiliki keahlian dalam bidang jurnalistik.

Poin penilaian adalah kesesuaian artikel dengan subtema, sudut pandang tulisan dan pemahaman isu, serta kualitas karya dan memenuhi kaidah jurnalistik.

"Kami mengundang seluruh insan jurnalis di Indonesia untuk mengikuti kompetisi ini,” pungkasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.