Dark/Light Mode

Mahasiswa Bayar UKT Pakai Pinjol, Sri Mulyani Tawarkan Student Loan

Rabu, 31 Januari 2024 11:21 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat menyampaikan konferensi pers, di Jakarta, Selasa (30/1/2024). (Foto: YouTube/Kemenkeu)
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat menyampaikan konferensi pers, di Jakarta, Selasa (30/1/2024). (Foto: YouTube/Kemenkeu)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Keuangan Sri Mulyani menawarkan program student loan dalam menanggapi kabar viral  mahasiswa membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan pinjaman online alias pinjol. Student loan adalah pinjaman biaya pendidikan bunga rendah untuk mahasiswa yang tidak memiliki kemampuan secara ekonomi untuk membayar uang kuliah. Sumber dana student loan akan dialokasikan dari dana abadi yang tersedia pada progam Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). 

Hanya saja, bagaimana skema dan bentuk programnya, Sri Mulyani mengaku masih membahasnya dengan Dewan Pengawas LPDP.

Baca juga : Sri Mulyani Pasang Badan

"Kita sekarang sedang membahas dengan Dewan Pengawas LPDP meminta untuk mengembangkan student loan," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers KSSK di Jakarta, Selasa (30/1/2024). 

Sri Mulyani menyampaikan, student loan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang handal. Namun, terkait skema beserta aturan student loan tersebut masih dalam tahap pengkajian. Sri Mul tak mau terjadi gagal bayar seperti yang terjadi di Amerika Serikat (AS). Ujungnya pinjaman tersebut justru membebani mahasiswa.

Baca juga : Sri Sultan Tunjukkan Netralitas

“Kami sudah membahas dengan perbankan, LPDP nanti akan merumuskan bagaimana keterjangkauan pinjaman itu. Sehingga tidak memberatkan mahasiswa, tapi tetap mencegah terjadinya moral hazard, dan tetap memberikan afirmasi terutama kepada kelompok yang tidak mampu," ujarnya.

Eks Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menjelaskan, sejauh ini program LPDP terus mengalami perkembangan, dari yang awalnya Rp1 triliun hingga saat ini hampir mencapai Rp139 triliun. Ditambah dengan penambahan anggaran yang mencapai Rp150 triliun.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.