Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Joko Suranto Masuk Jajaran Tokoh Pengusaha Inspiratif

Selasa, 6 Februari 2024 09:54 WIB
Ketum PP Realestat Indonesia (REI) Joko Suranto (tengah) terpilih menjadi salah satu dari 18 tokoh inspiratif yang masuk ke dalam buku The Indonesian Next Leader. (Foto: PP REI)
Ketum PP Realestat Indonesia (REI) Joko Suranto (tengah) terpilih menjadi salah satu dari 18 tokoh inspiratif yang masuk ke dalam buku The Indonesian Next Leader. (Foto: PP REI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) Joko Suranto terpilih menjadi salah satu dari 18 tokoh inspiratif yang masuk ke dalam buku “The Indonesian Next Leader”.

Buku ini merupakan inisiatif Media Indonesia dan Solutee.id yang disusun untuk menyambut HUT Ke-54 Media Indonesia.

Buku The Indonesian Next Leader dikerjakan melalui proses riset, wawancara, dan kurasi yang dilakukan oleh para panelis selama 2,5 bulan dan menghasilkan 18 tokoh inspiratif yang terbagi dalam empat kategori yakni klaster pemimpin daerah, pejabat publik, akademisi, dan pengusaha.

Untuk kategori pengusaha, selain Joko Suranto, tiga tokoh pengusaha nasional lain yang masuk dalam buku The Indonesian Next Leader adalah Ketua Umum Apindo Shinta Widjaja Kamdani, Dirut PT Martina Berto Tbk Bryan David Emil Tilaar dan Transformation and Services Director PT Panasonic Gobel Indonesia Intan Abdams Katoppo.

“Buku ini layak menjadi dokumentasi dan referensi kepemimpinan inspiratif yang diharapkan bermanfaat untuk bangsa dan negara di masa kini dan masa mendatang. Ini merupakan hasil seleksi dengan sejumlah kriteria ketat dan mereka yang terpilih adalah tokoh yang memiliki prestasi, kinerja baik dan kontribusi bagi Indonesia,” ujar Direktur Utama Media Indonesia Gaudensius Suhardi pada acara peluncuran versi digital buku The Indonesian Next Leaders di Jakarta, Kamis (1/2/2024).

Baca juga : Jokowi Beri Hadiah Iriana Tas Produk Nasabah PNM Wonogiri

Arief H. Thamrin, CEO Solutee.id selaku pemegang hak cipta buku ini menjelaskan banyak aspek kepemimpinan yang dapat diambil hikmahnya seperti kisah sukses, teladan, dan pengalaman terbaik dari para tokoh inspiratif tersebut.

“Seperti tentang gaya dan seni kepemimpinan mereka, filosofi dan kebijaksanaan hidup, manajemen kepemimpinan, serta kontribusi nyata mereka bagi masyarakat di sekitarnya,” ujarnya.

Mariani Ng, Pendiri PT Metamind Tata Cendekia sekaligus panelis buku The Indonesian Next Leader menyebutkan keberhasilan Joko Suranto tidak terlepas dari kontribusi kebaikan yang telah dia perbuat untuk masyarakat.

Salah satunya saat dia membiayai sendiri perbaikan jalan di desa kelahirannya di Jetis, Grobogan, Jawa Tengah, hingga Rp2,8 miliar. Selain mempertimbangkan pula kontribusi pemikirannya bagi negara, terutama di sektor perumahan dan properti.

“Tidak takut berbuat baik, itu hal terpenting yang saya tangkap dari sosok Pak Joko Suranto. Saya tersentuh bagaimana beliau memiliki nilai-nilai dari keluarga yang diterjemahkan di dalam bentuk tindakan yang nyata. Salah satunya dengan membangun jalan desa yang rusak selama puluhan tahun,” ujar Mariani dalam keterangannya, Selasa (6/2/2024).

Baca juga : Top! Berhasil Masuk 16 Besar, Ini Jadwal Dan Head To Head Indonesia Vs Australia

Joko Suranto menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya kepada Media Indonesia dan Solutee.id yang telah menilai kiprah dan kinerjanya sehingga dipilih sebagai tokoh inspiratif dan dimasukkan dalam buku The Indonesian Next Leader.

Penilaian itu diakui semakin menyemangatinya untuk terus berbuat kebaikan kepada masyarakat dan negara.

“Terus terang, kabar ini menjadi surprise untuk saya, karena ada pihak yang secara diam-diam menilai rekam jejak saya. Meski saya tidak berharap (untuk dinilai) tetapi ini adalah sebuah bentuk penghargaan dan menjadi motivasi untuk saya terus berbuat kebaikan,” ujar Founder & CEO Buana Kassiti Group tersebut.

Joko Suranto lahir 20 Januari 1969 di Desa Jetis, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Memulai terjun di bisnis properti sejak 2004 dari sebuah proyek perumahan bersubsidi di Tasikmalaya (Jawa Barat), saat ini di bawah bendera Buana Kassiti Group dia telah mengembangkan sebanyak 38 proyek properti dari mulai perumahan subsidi, menengah, dan mewah. Proyeknya kini bahkan telah merambah ke sektor lain seperti bidang perhotelan/resort dan jasa keuangan.

Baca juga : Prabowo-Gibran Dorong Perkembangan Wirausaha Generasi Muda

Sarjana hukum dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dan magister hukum bisnis dari Universitas Parahyangan Bandung itu saat ini juga menjadi pembina bagi 363 pesantren dan sudah membangun puluhan mesjid di Jawa Barat.

Yang fenomenal adalah saat Joko Suranto mengocek kantongnya sendiri hingga Rp2,8 miliar untuk memperbaiki jalan sepanjang 1,8 kilometer di desa kelahirannya di Grobogan pada 2022 lalu. Kiprah sosial ini membuatnya dijuluki sebagai Crazy Rich dari Grobogan.

Sebelumnya, aksi Joko Suranto mengecor beton jalan desa tersebut juga membuatnya terpilih sebagai 14 tokoh Jawa Tengah yang dianugerahi penghargaan Tokoh Inspiratif Jawa Tengah 2022 yang digelar di Gradhika Bhakti Praja, Kompleks Kantor Gubernur Jateng, pada akhir 2022 lalu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.