Dark/Light Mode

GPISS Sukses Kendalikan Inflasi Sumsel Awal Tahun 2024

Rabu, 7 Februari 2024 13:57 WIB
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni (tengah). (Foto: Istimewa)
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni (tengah). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gerakan Pengendalian Inflasi Serentak se-Sumatera Selatan (GPISS) yang diinisiasi Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni terbukti mampu mengendalikan inflasi di Sumsel pada awal 2024. Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel pada 1 Februari, tercatat deflasi sebesar 0,08 persen di Januari 2024 (month to month) sementara inflasi year on year tercatat sebesar 3,35 persen.

“Bahkan dari 38 provinsi di Indonesia, Sumatera Selatan termasuk 12 provinsi yang mengalami deflasi, sementara 26 provinsi lainnya mengalami inflasi,” ucap Fatoni, dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (7/2).

Baca juga : SteelSeries Perkenalkan Headset Edisi Spesial Imlek 2024

Dia menyatakan, Sumatera Selatan berhasil mengendalikan angka inflasi, meski bersamaan dengan momen awal tahun baru. “Gerakan Pengendalian Inflasi Serentak se Sumatera Selatan terbukti nyata mengendalikan tekanan inflasi yang rutin terjadi di awal tahun,” sambungnya.

GPISS merupakan gerakan serentak kolaborasi antara Pemerintah Daerah, TNI/Polri, BUMN, BUMD, Swasta dan CSR dalam upaya pengendalian inflasi di Sumatera Selatan. Melalui Operasi Pasar, Gerakan Pangan Murah (GPM) dan Pasar Murah serentak di seluruh kabupaten/kota, terbukti mampu mengantisipasi adanya potensi kenaikan harga pangan di pasar. 

Baca juga : Indra Sjafri Kantongi 17 Pemain Isi Skuad Timnas U-20

“Ini terlihat dari deflasi pada Januari 2024, dengan andil deflasi terbesar dari kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 0,03 persen,” kata Fatoni.

Di tahun 2024, terdapat dua kabupaten baru di Sumatera Selatan yang dihitung angka inflasinya, yakni Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Kabupaten Muara Enim, menambah pantauan dua kota sebelumnya yakni Kota Palembang dan Kota Lubuk Linggau. Empat kota/kabupaten pantauan IHK di Provinsi Sumatera Selatan, pada Januari 2024 semuanya mengalami deflasi dibandingkan Desember 2023.

Baca juga : Ini 87 Pebulutangkis Penghuni Pelatnas Cipayung Tahun 2024

“Program ini akan terus dilanjutkan dan diselaraskan dengan program-program lainnya dalam rangka penurunan kemiskinan ektrem dan stunting di Sumatera Selatan,” ujar Fatoni.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.