Dark/Light Mode

Mantap Melihat, Bank Mandiri Taspen Gelar Operasi Katarak

Rabu, 7 Februari 2024 17:00 WIB
Operasi Katarak yang digelar Bank Mandiri Taspen. (Foto: Mandiri Taspen)
Operasi Katarak yang digelar Bank Mandiri Taspen. (Foto: Mandiri Taspen)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pagi itu Jumadi berangkat pagi-pagi buta dari rumahnya kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan. Jumadi menuju RS Islam Sukapura di Jakarta Utara untuk menjalani operasi katarak, sebuah program persembahan dari Bank Mandiri Taspen.

Pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) itu berjalan teratih-tatih menggunakan tongkat dan harus dituntun oleh sang anak lantaran matanya hampir mengalami kebutaan total karena penyakit katarak yang dideritanya.

Pria berusia 70 tahun itu bercerita, dirinya sejak pensiun tahun 2009 lalu mulai mengalami gejala katarak, mata kanannya mulai berkurang pengelihatannya.

Jumadi menuturkan selama 36 tahun mengabdi sebagai PNS, dirinya tidak penah mengalami ganguan pengelihatan.

“Sekarang saya mau apa-apa harus dibantu anak mantu, makan minum, kalau jalan ditemenin, katanya takut jatuh karena tidak bisa ngeliat, apalagi istri saya sudah meninggal dua tahun lalu, jadi anak mantu tambah repot,” kata Jumadi.

Jumadi bersyukur dan berterima kasih bisa mengikuti operasi katarak gratis dari Bank Mandiri Taspen.

Baca juga : Fatayat NU Gelar Literasi Keuangan Syariah

Dia berharap matanya bisa sembuh dan program ini bisa terus berlanjut karena sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Harapannya operasi mata saya berjalan lancar dan saya bisa melihat lebih jelas lagi. Yang jelas adanya Bank Mandiri Taspen ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, apalagi seperti saya pensiunan ini,” ujar Jumadi dalam keterangannya, Rabu (7/2/2024).

Senada dengan Jumadi, pasien Operasi Katarak lainnya, Marmi, juga harus berangkat lebih awal dari tempat tinggalnya di kawasan Jasingan, Kabupaten Bogor.

Marmi merupakan istri dari seorang pensiunan guru yang juga menjadi nasabah bank Mandiri Taspen.

Ibu berusia 58 tahun yang sehari-harinya hanya sebagai rumah tangga biasa ini mengaku bersyukur program dari Bank Madiri Taspen yang bisa juga dirasakan oleh keluarga dari nasabahnya.

Marni bercerita dirinya baru merasakan ada kelainan pada mata kanannya sejak setahun lalu. Awalnya Marni tidak memperdulikannya, namun lama kelamaan makin parah.

Baca juga : Puluhan Ribu Orang Hadiri Kampanye Ganjar-Mahfud di Siantar-Simalungun

“Suami saya dapat info dari Bank Mandiri Taspen cabang Leuwiliang kalau ada Operasi Katarak. Alhamdulillah semoga mata saya bisa sehat lagi,” ujarnya.

Sementara itu dr Rio Rhendy, Sp.M (K) dari Perhimpunan Dokter Mata Indonesia (PERDAMI) mengatakan penyakit katarak merupakan gangguan degeneratif.

Menurut Rio, katarak mirip dengan uban di rambut. Katarak dapat dialami semua orang seiring dengan pertambahan usia.

“Meskipun munculnya berbeda pada setiap orang, biasanya katarak muncul di usia 56 tahun saat pensiun,” ujar Rio dalam keterangannya, Rabu (7/2//2024).

Rio menyebutkan katarak bisa berdampak sosial dan ekonomi pada keluarga penderita. Penderita katarak harus ditemani anggota keluarga untuk membantu aktivitas dan kesehariannya.

“Ibunya sakit katarak otomatis anaknya harus menemani, takut ibunya terjatuh dan lainnya,” ujarnya.

Baca juga : Gempa M5,6 Guncang Kuta Selatan Bali, Getaran Terasa Hingga Mataram

Hal ini mengakibatkan produktivitas dan aktivitas anggota keluarga itu menurun. “Hasilnya, ekonomi keluarga pun ikut berkurang,” ujarnya.

Direktur Utama Bank Mantap Elmamber Petamu Sinaga mengungkapkan, operasi katarak ini merupakan wujud kepedulian dan syukur Bank Mandiri Taspen di hari jadinya yang ke-9 sekaligus wujud dari tiga pilar program Bank Mandiri Taspen.

Elmamber menjelaskan, operasi Katarak ini merupakan program Mantap Melihat dari Bank Mandiri Taspen.

Dalam pelaksanaanya, sejak tahap screening,operasi, dan pasca operasi, Bank Mandiri Taspen bekerja sama dengan PT Asuransi Allianz Life Indonesia, dan PERDAMI.

Untuk awal tahun 2024 ini, program ini digelar di dua kota yakni di Jakarta dan Surabaya.

"Selanjutnya, masih dalam tahun 2024, Bank Mandiri Taspen akan menggelar di kota-kota lainnya di Indonesia, seperti Makassar atau kota lainnya," ujar Elmamber.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.