Dark/Light Mode

Optimalkan Pembelajaran, UAP Dan Kominfo Gelar Seminar Literasi Digital

Kamis, 18 Januari 2024 14:05 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) dan Kementerian Kominfo RI menggelar Seminar Nasional Literasi Digital Sektor Pendidikan Seminar yang menghadirkan narasumber dari Kementerian Kominfo dan UAP.

Kegiatan yang iikuti para pendidik serta mahasiswa dari berbagai kampus di Pringsewu ini, dibuka Pj.Bupati Pringsewu Adi Erlansyah, di kampus UAP Pringsewu.

Pj.Bupati Pringsewu Adi Erlansyah mengapresiasi terselenggaranya Seminar Literasi Digital Sektor Pendidikan ini.

Baca juga : Pelni Klaim Bayar Premi Ke Rekening Resmi Pihak Asuransi Perkapalan

Dia berharap, para peserta dapat mengembangkan kemampuan literasi digital yang baik.

"Sehingga mampu mengoptimalkan teknologi untuk pembelajaran yang berkualitas dan efektif serta efisien,” ujarnya, seperti keterangan yang diterima RM.id, Kamis (18/2024).

Sementara itu, Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Kominfo RI Slamet Santoso mengatakan, dari total populasi penduduk Indonesia, hampir 80 persennya menggunakan internet.

Baca juga : PSI: Laporan Pengeluaran Dana Kampanye Belum Final

"Jadi ada sekitar 120 juta orang dari total penduduk yang sudah mengakses internet, artinya ruang-ruang digital dan infrastruktur yang sudah dibangun, sudah digunakan masyarakat Indonesia, termasuk di Kabupaten Pringsewu," ungkapnya. 

Dari 120 juta orang itu, ungkap Slamet, 70 persen menggunakan media sosial, seperti Twitter, Facebook, Instagram dan lainnya, dengan rata-rata orang mengakses internet sekitar 6 jam setiap hari.

"Karena itu, dengan kondisi seperti ini, artinya pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah maupun swasta dan penggunaan masyarakat terhadap internet juga semakin besar. Di sinilah pentingnya kegiatan-kegiatan terkait literasi digital ini," ujarnya.

Baca juga : Genjot Penyaluran Pembiayaan, Bank Neo Commerce Gaet Berbagai Mitra

Rektor UAP Pringsewu Wisnu Probo Wijayanto mengatakan, perguruan tinggi memiliki peran yang sangat penting seiring kemajuan teknologi.

"Kami ingin memastikan bahwa mahasiswa dan staf serta pengajar memiliki keterampilan literasi digital yang cukup baik," jelasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.