Dark/Light Mode

Pembangunan Sesuai Target, IKN Bakal Jadi Kota Dunia

Bambang: Silakan Datang Ke Sini, Seeing Is Believing

Senin, 12 Februari 2024 06:30 WIB
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono. Foto: Istimewa
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono. Foto: Istimewa

 Sebelumnya 
Konsep ini ditujukan untuk menjawab tantangan dan per­masalahan yang akan dihadapi IKN di masa depan, serta untuk menunjang kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.

“Kami berharap IKN dapat menjadi simbol kebanggaan dan identitas bangsa Indonesia, yang maju, beradab dan berdaya saing di kancah global,” jelasnya.

Eks Wakil Menteri Perhubungan ini juga menjelaskan, siapa pun yang meragukan pembangunan IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), bisa datang langsung ke lokasi.

“Saya selalu bilang bahwa seeing is believing. Silakan da­tang ke sini, lihat,” ujarnya.

Baca juga : Ribuan WNI Di Malaysia Antusias Ikut Mencoblos

Lebih lanjut, dia menyatakan, progres pembangunan IKN da­pat dibuka untuk umum.

“Banyak sekali elemen masyarakat yang ingin melihat di sini dan kami sangat terbuka. Tak ada yang ditutupi di sini,” ujar Bambang.

Bambang mengatakan, tetap harus ada pengaturan untuk membatasi jumlah pengun­jung yang hendak melihat pembangunan IKN, guna menghin­dari kecelakaan kerja.

Selain itu, perlu pula adanya penyesuaian jadwal, sehingga para pekerja dapat mengejar target pembangunan sesuai yang ditentukan.

Baca juga : Gisella Anastasia, Bela Pacar Tamara

“Tahun ini stage pertama. Setelah itu akan ada empat stage lagi. Membangun sebuah kota memang napasnya harus panjang, harus konsisten sampai 2045. Saya bukan Aladin,” ujar dia.

Pembangunan IKN didanai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kemudian, 80 persen yang menaungi master plan pembangunan IKN dari pihak swasta, terutama dari domestik.

Karena itu, apabila ada yang mengatakan tidak ada investor menanamkan modal di IKN, pada kenyataannya sudah terjadi empat kali groundbreaking di IKN dengan total nilai Rp 47,5 triliun dari investasi publik mau­pun swasta.

“Kita melihat pembangunan IKN tidak hanya gedung Pemerintah, fasilitas dan infrastruktur. Namun juga hal-hal yang mem­buat kota ini nanti bisa jadi kota yang layak huni dan dicintai,” katanya. DIR

Baca juga : Injury Time Bagi Capres

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 12 Februari 2024 dengan judul "Pembangunan Sesuai Target, IKN Bakal Jadi Kota Dunia Bambang: Silakan Datang Ke Sini, Seeing Is Believing"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.