Dark/Light Mode

BSI Fasilitasi 1.000 UMKM Permudah Pembayaran Sertifikasi Halal

Selasa, 13 Februari 2024 14:22 WIB
BSI memperkuat ekosistem halal nasional, salah satunya dengan mempermudah pelaku UMKM dalam pembayaran sertifikasi halal melalui e-channel. (Foto: Ilustrasi BSI)
BSI memperkuat ekosistem halal nasional, salah satunya dengan mempermudah pelaku UMKM dalam pembayaran sertifikasi halal melalui e-channel. (Foto: Ilustrasi BSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) memperkuat ekosistem halal nasional, salah satunya dengan mempermudah pelaku UMKM dalam pembayaran sertifikasi halal melalui e-channel BSI Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna mengatakan, melalui upaya tersebut perseroan mendorong agar setiap UMKM yang menjadi mitra binaan bisa mendapatkan sertifikat halal.

Tahun ini BSI akan memfasilitasi 1.000 UMKM untuk mendapat sertifikat halal secara gratis. Dalam mempermudah pelaku UMKM mendapatkan sertifikasi halal, BSI menggandeng Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) dan Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) untuk memberikan literasi pentingnya sadar halal kepada para pelaku UMKM.

“BSI serius meningkatkan pengembangan islamic ecosystem salah satunya melalui sertifikasi halal, karena hal ini menjadi salah satu cara umkm naik kelas dengan upgrade kualitas mutu dan standar produk melalui sertifikasi halal. Hal inilah yang terus didorong perseroan untuk memajukan UMKM di Indonesia,” katanya, Selasa (13/2/2024).

Baca juga : BRI Liga 1, Persebaya Langsung Fokus Hadapi Persita

Untuk memudahkan para pelaku UMKM mendapatkan sertifikat halal, BSI juga telah melakukan perjanjian kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Kolaborasi tersebut terkait layanan pembayaran sertifikasi halal melalui virtual account. Sehingga saat ini UMKM yang menjadi nasabah BSI dapat melakukan pembayaran sertifikasi halal dengan mudah.

Cukup dengan copy no virtual account ke menu halal Indonesia yang ada di BSI mobile, nasabah bisa langsung melakukan pembayaran sertifikasi halal.

Baca juga : Menteri Teten: Pelaku UMKM Perempuan Perlu Garap Sektor Produktif Pangan

“Lebih dari 70 persen pembayaran sertifikasi halal UMKM ke BPJPH dilakukan melalui BSI,” ungkapnya.

Selain terkait sertifikasi, dukungan dan inovasi BSI untuk mendorong UMKM halal sudah dilakukan sebelumnya.

Antara lain, bersinergi bersama LPH dan LP3H seperti UI Halal Center, Unpad Halal Center, IPB Halal Center dan penguatan layanan konsultasi sertifikasi halal melalui UMKM Centre BSI di 3 Wilayah. Yakni Aceh, Yogyakarta dan Surabaya, lalu mendukung pembukaan zona KHAS (kuliner halal, aman, dan sehat) hingga melaksanakan program unggulan, Talenta Wirausaha BSI dan Aceh Muslimpreneur.

Baca juga : Waterway Penyedia Air Minum Sehat Sistem RO Pertama Peroleh Sertifikat Halal

Selain itu ada pembiayaan KUR dan non KUR untuk UMKM halal, dan memberikan total solution kepada pelaku usaha, owner, pegawai, supplier, dan buyer.

BSI juga berkolaborasi melalui event bersama dengan para stakeholder seperti event Jakarta Muslim Fashion Week 2024 (JMFW), Muslim Fashion Festival (Muffest), hingga pembinaan industri halal bagi para IKM dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.