Dark/Light Mode

Bahana TCW Sebut Era Bunga Rendah di 2024 Jadi Momen Tepat Investor Pemula Berinvestasi

Kamis, 15 Februari 2024 16:46 WIB
Bahana TCW Sebut Era Bunga Rendah di 2024 Jadi Momen Tepat Investor Pemula Berinvestasi

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bahana TCW Investment Management (Bahana TCW) menyebut, tahun 2024 diproyeksi perekonomian global diprediksi akan mengalami era penurunan suku bunga.

Hal ini sebagai kondisi yang tepat bagi investor pemula dengan profil risiko investasi konservatif untuk memulai investasinya.

Direktur Bahana TCW Danica Adhitama mengatakan, secara teori di saat tren penurunan suku bunga, deposito akan mengalami penurunan daya tariknya.

Baca juga : Pasar Saham Hijau Usai Prabowo Pidato di Depan Investor di Acara Trimegah

“Hal ini dikarenakan tingkat bunga deposito akan menyesuaikan dengan penurunan tingkat suku bunga.

Di saat bersamaan, instrumen investasi Reksa Dana yang memiliki porsi investasi dalam bentuk obligasi di dalamnya akan menjadi menarik,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Kamis (15/2/2024).

Danica menuturkan, hubungan antara perubahan suku bunga dan harga obligasi memiliki karakteristik yang saling berlawanan. Ketika suku bunga naik, harga obligasi cenderung turun, dan sebaliknya, ketika suku bunga turun, harga obligasi cenderung naik.

Baca juga : Budiman Sudjatmiko: Masyarakat Desa Bisa Jadi Pengelola Industri Pertanian

Konsep ini dikenal sebagai hubungan invers atau hubungan berkebalikan dengan fungsi asalnya antara suku bunga dan harga obligasi.

Kondisi seperti ini sebutnya, adalah waktu yang cocok bagi investor pemula untuk memulai investasinya.

Di 2024, Reksa Dana Pasar Uang dan Reksa Dana Pendapatan Tetap merupakan salah satu instrumen investasi yang prospektif karena memiliki risiko yang relatif terjaga dan sangat cocok untuk pemula.

Baca juga : Prabowo Balas Serangan Ganjar: Bung Karno Hadapi Irian Barat dengan Peralatan Bekas

“Tahun ini merupakan tahun yang cocok untuk memulai investasi,” ujar Danica.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.