Dark/Light Mode

Jelang Batas Pelunasan, BSI Siap Layani 81 Persen Calon Jamaah Haji Nasional

Jumat, 16 Februari 2024 13:30 WIB
Bank Syariah Indonesia  atau BSI menyiapkan layanan prima bagi masyarakat yang akan melunasi biaya ibadah Haji 2024. (Foto: Ilustrasi BSI)
Bank Syariah Indonesia atau BSI menyiapkan layanan prima bagi masyarakat yang akan melunasi biaya ibadah Haji 2024. (Foto: Ilustrasi BSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI menyiapkan layanan prima bagi masyarakat yang akan melunasi biaya ibadah Haji 2024.

Berdasarkan data Kementerian Agama (Kemenag) jumlah masyarakat Indonesia yang akan berangkat haji pada tahun ini sebanyak 241 ribu orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 83 persen diestimasikan merupakan calon haji reguler nasabah BSI.

Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna mengatakan, melihat data tahun lalu, 81 persen calon jamaah haji di Tanah Air dilayani oleh BSI.

Baca juga : Masa Tenang, Bawaslu Ingatkan Capres Dan Caleg Tak Kampanye Di Medsos

Hal tersebut, menjadi tantangan dan dorongan bagi kami untuk terus upgrade layanan haji agar calon jamaah haji merasa aman dan nyaman.

“Dengan jumlah nasabah yang semakin masif, tahun ini kami juga mempersiapkan layanan pendaftaran dan pelunasan haji yang bisa dimanfaatkan oleh calon jamaah,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (16/2/2024).

Sejak 9 Januari 2024, Pemerintah telah menghimbau calon jamaah haji untuk dapat melunasi biaya haji pada periode pelunasan haji pertama sejak 9 Januari 2024 dan diperpanjang hingga 23 Februari 2024.

Biaya haji yang dibayar jemaah tahun ini mencapai Rp 56 juta yang diperkirakan akan mengalami lonjakan trafik pelunasan haji pada periode dua minggu terakhir penutupan.

Baca juga : Jelang Masa Tenang, Bawaslu Siap Tertibkan Alat Peraga Kampanye

Untuk itu, sambung Anton, perseroan menyiapkan serangkaian layanan pelunasan haji di BSI net, e-channel BSI Mobile secara realtime maupun di lebih dari 1.100 outlet BSI yang buka pukul 08.00-15.00 waktu setempat serta BSI Smart untuk memudahkan para calon jemaah haji yang akan melakukan pelunasan.

Berdasarkan data internal BSI, sebanyak 53 persen calon jamaah haji di BSI sebagian besar berusia di atas 55 tahun.

Anton mengatakan, untuk memudahkan para jamaah, BSI telah menyiapkan layanan pra dan pasca haji yang bisa digunakan calon jamaah haji BSI.

“Salah satu layanan tersebut adalah pelunasan melalui BSI Mobile sehingga calon jamaah dapat melakukan proses pelunasan haji-nya tanpa antri ke kantor cabang,” jelas Anton.

Baca juga : Usung Tema Intuisi Rasa, IGC Rayakan Hari Gizi Nasional

Tidak hanya itu, BSI Tabungan Haji Indonesia juga dilengkapi BSI Debit Mabrur dengan keuntungan seperti Gratis biaya Tarik tunai dan cashback Transaksi di Arab Saudi, kurs yang kompetitif, serta program belanja sambil berdonasi di merchant F&B (Food and Beverages) 0,1 persen dari total pembelanjaan.

“Hal ini merupakan komitmen kami untuk memberikan one stop financial solution bagi para nasabah haji di Indonesia untuk melakukan transaksi keuangan selama ibadah haji yang nyaman dan aman,” kata Anton.

Untuk mendorong masyarakat mempersiapkan haji dan umroh sejak dini, perseroan rutin meningkatkan literasi ayo haji muda dengan menggandeng lebih dari 1.700 travel haji & umroh untuk haji umroh, tabungan haji yang bisa dibuat autodebet agar masyarakat bisa mengatur cashflow financial untuk mempersiapkan biaya haji dengan baik.

“Kami juga terus menghimbau kepada seluruh nasabah untuk bertransaksi sendiri atas pelunasan haji tersebut dan berhati-hati terhadap oknum yang mengatasnamakan BSI, atau bertransaksi diluar layanan yang ditetapkan,” tegas Anton.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.