Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Klaim KPU 3 Pekan Jelang Pencoblosan

98 Persen Surat Suara Sudah Di Kabupaten/Kota

Rabu, 24 Januari 2024 06:45 WIB
Ketua KPU Hasyim Asy’ari. (Foto: Antara)
Ketua KPU Hasyim Asy’ari. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan distribusi logistik pemilu sudah hampir tuntas. Pencoblosan atau pemungutan suara akan digelar 14 Februari 2024.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengata­kan, distribusi surat suara Pemilu 2024 sudah sampai di kabupaten/kota dan sudah dilakukan sortir dan lipat (sorlip). Selanjutnya, surat suara yang sudah disor­lip dikemas ke dalam kotak suara dan akan dikirim ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat kelurahan.

Baca juga : Dapil Kalimantan Selatan I: Medan Tempur Garuda Vs Banteng

“(Surat suara) sudah 98 persen disorlip dan siap masuk packing di kotak suara se­suai dengan alamat TPS masing-masing, sesuai alamat daerah pemilihnya (dapil) masing-masing,” ujar Haysim di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (23/1/2024).

Hasyim mengatakan, ada beberapa KPU kabupaten/kota yang belum meneri­ma logistik pemilu. Penyebabnya, karena situasi dan kondisi geografis, cuaca maupun bencana alam. Salah satu contohnya, terdapat kendala di Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua Tengah.

Baca juga : Ketum Kaesang: Prabowo-Gibran Target Raih 75 Persen Suara Di Lampung

“Dalam pengantaran logistik pemilu­nya terdapat kendala seperti jalan longsor karena hujan deras,” ujar Komisioner KPU dua periode ini.

Atas kendala itu, kata Hasyim, KPU berkoodinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat dan juga dengan ke­polisian dan TNI untuk mendapatkan dukungan bantuan, untuk mengamankan distribusi logistik sampai ke gudang-gudang yang dituju.

Baca juga : Pj Gubernur Sumsel Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir Di 7 Kabupaten/Kota

“Berdasarkan pantauan monitoring dan supervisi KPU pusat ke KPU kabupaten/kota, suasana kebatinannya sudah relatif tenang. Soalnya berbagai macam logistic, terutama surat suara sudah diterima dan sudah dilakukan sorlip,” jelas Hasyim.

Selain itu, Hasyim juga menyoroti kampanye akbar yang dilakukan peserta Pemilu 2024. Dia akan menegur parpol maupun paslon capres-cawapres yang berkampanye di luar aturan atau zonasi yang telah disepakati.“Kami telah menggelar rapat dengan parpol dan tim paslon terkait jadwal zo­nasi kampanye akbar. Disepakati zonasi capres-cawapres itu senada dengan parpol pengusungnya,” jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.