Dark/Light Mode

Dongkrak Kesejahteraan Masa Pensiun Rakyat Indonesia, Taspen Life Luncurkan DPLK

Senin, 26 Februari 2024 14:34 WIB
Dirut TASPEN ANS Kosasih (tengah, batik biru muda) bersama Dirut Taspen Life Ibnu Hasyim (tengah, batik kuning) dan Direktur Pengawasan Dana Pensiun OJK Sesriwati (tengah, batik biru tua) dalam acara Perayaan HUT ke-10 TASPEN sekaligus Peluncuran DPLK Taspen Life di Gedung Auditorium TASPEN, Jakarta, Senin (26/2/2024). (Foto: Humas TASPEN)
Dirut TASPEN ANS Kosasih (tengah, batik biru muda) bersama Dirut Taspen Life Ibnu Hasyim (tengah, batik kuning) dan Direktur Pengawasan Dana Pensiun OJK Sesriwati (tengah, batik biru tua) dalam acara Perayaan HUT ke-10 TASPEN sekaligus Peluncuran DPLK Taspen Life di Gedung Auditorium TASPEN, Jakarta, Senin (26/2/2024). (Foto: Humas TASPEN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT TASPEN (Persero) terus berupaya meningkatkan kesejahteraan peserta ASN dan masyarakat Indonesia, melalui berbagai inovasi bisnis dan program usaha yang dilakukan anak usahanya. Terkini, TASPEN melalui anak usahanya PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life), mendirikan unit Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) bernama DPLK PT Asuransi Jiwa Taspen atau DPLK Taspen Life, yang telah memperoleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada November 2023 dan ditujukan secara terbuka untuk masyarakat umum.

Peluncuran DPLK Taspen Life dilaksanakan pada Hari Ulang Tahun Taspen Life yang ke-10 “A Decade of Excellence” di Gedung Auditorium TASPEN, Cempaka Putih, Jakarta (26/2/2024).

Acara peluncuran ini dihadiri langsung oleh Direktur Utama TASPEN ANS Kosasih, Direktur Utama TASPEN Life Ibnu Hasyim, Direktur Pengawasan Dana Pensiun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sesriwati, dan para anggota Perkumpulan Dana Pensiun Lembaga Keuangan Indonesia (P-DPLK).

Terkait hal tersebut, Direktur Utama TASPEN ANS Kosasih mengatakan, pihaknya terus mendorong Taspen Life, untuk menciptakan terobosan baru. Demi meningkatkan kesejahteraan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat.

"Pemerintah sudah terbukti memiliki kepercayaan yang tinggi kepada TASPEN, karena selalu memberikan imbal hasil tertinggi di industri," kata ANS Kosasih dalam keterangannya, Senin (26/2/2024).

Pencapaian ini kemudian menjadi sumber kepercayaan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan seluruh masyarakat, untuk memilih Taspen Life sebagai alternatif peningkatan kesejahteraan di masa depan.

Salah satu terobosan nyata Taspen Life adalah pengesahan pendirian DPLK Taspen Life oleh OJK.

Baca juga : TNI Terus Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat Papua

DPLK Taspen Life terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat. Termasuk nasabah individu, korporasi swasta, hingga instansi dan lembaga pemerintah.

DPLK Taspen Life menghadirkan dua program unggulan. Pertama, Program Pensiun Iuran Pasti, yakni akun asuransi milik pribadi/individu. Di program ini, peserta dapat melihat statement secara langsung. Sehingga, apabila peserta berhenti bekerja, perusahaan tempatnya bekerja tidak berhak menolak pencairan.

Kedua, Dana Kompensasi Pascakerja, yakni program asuransi yang secara langsung diurus oleh perusahaan tempat bekerja peserta tersebut. Sehingga, mekanisme pencairan dan administrasinya akan dilakukan oleh perusahaan tersebut. Selanjutnya, Taspen Life akan memberikan hasil manfaat ke peserta tersebut.

Untuk skema/kondisi pencairan manfaat pensiun, DPLK Taspen Life memiliki lima manfaat. Yakni Manfaat Pensiun Normal, Manfaat Pensiun Dipercepat, Manfaat Pensiun Ditunda, Manfaat Pensiun Disabilitas dan Manfaat Pensiun Meninggal Dunia.

“DPLK ini adalah bentuk komitmen Taspen Life, untuk terus hadir memberikan layanan bagi nasabah dan masyarakat Indonesia. Semoga, kehadiran DPLK Taspen Life dapat memberikan perencanaan keuangan yang lebih baik dan persiapan pensiun sejak dini. Serta mewujudkan cita-cita semua orang yang ingin hidup sejahtera di masa pensiun," papar Direktur Utama Taspen Life, Ibnu Hasyim.

Dalam pilihan instrumen investasi, DPLK Taspen Life memiliki pilihan paket investasi konvensional dan syariah, serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan peserta, untuk mencapai target pengembangan dana yang optimal.

Selain itu, peserta juga dapat memilih beberapa pilihan instrumen investasi. Seperti instrumen pasar uang, pendapatan tetap, hingga pasar saham.

Baca juga : Menteri LHK Dan Pers Indonesia Tanam Mangrove Bersama

Seluruh instrumen investasi tersebut dapat berdiri sendiri atau dikombinasikan dengan beberapa jenis investasi dari Taspen Life. Misalnya paket investasi Taspen Dana Likuid, Taspen Dana Dinamis, Taspen Dana Optima, Taspen Dana Amanah, Taspen Dana Madani, dan Taspen Dana Falah.

Ibnu menjelaskan, Taspen Life sebagai anak usaha TASPEN, senantiasa menjunjung tinggi integritas dan profesionalisme bisnis, dalam melakukan upaya bisnis pengelolaan dana investasi seluruh peserta.

"Pengelolaan DPLK Taspen Life dilakukan secara profesional dan didukung oleh tenaga andal dan berintegritas, serta mengedepankan pengelolaan investasi dengan aman, memegang teguh prinsip kehati-hatian dan berpedoman kepada Tata Kelola Dana Pensiun yang Baik,” papar Ibnu.

Di lain pihak, Direktur Pengawasan Dana Pensiun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sesriwati mengatakan, perjalanan 10 Tahun bagi Asuransi Jiwa Taspen bukanlah hal yang mudah. "Tentu, banyak yang dihadapi dan banyak hal yang dilakukan. Insya Allah Taspen Life menuju lebih baik lagi. Selamat atas grand launching DPLK Taspen Life hari ini," tuturnya.

OJK telah mengundang khusus Taspen Life (terkait DPLK). Pengesahan telah diberikan pada bulan November 2023.

Taspen Life merupakan anak perusahaan dari PT TASPEN (Persero) dengan beragam produk asuransi, antara lain produk perlindungan jiwa, produk perencanaan keuangan hingga produk kesehatan.

Melalui seluruh produk tersebut, TASPEN Life diharapkan dapat menjadi one stop solutions untuk masyarakat Indonesia, khususnya ASN di seluruh Indonesia.

Baca juga : Dorong Kesejahteraan Guru, Askrindo Rilis Warung PAUD

Untuk kenyamanan dan kemudahan dalam menjangkau informasi dan layanan TASPEN Life, peserta dapat menghubungi TL Care melalui nomor 021–50808158 atau Whatsapp di 08118 1111 808.

Tentang PT TASPEN (Persero)

PT TASPEN (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pejabat Negara.

Berdiri sejak 17 April 1963, PT TASPEN (Persero) turut berperan aktif dalam kesejahteraan sosial, khususnya bagi ASN di Indonesia. PT TASPEN (Persero) saat ini memiliki beberapa produk dan layanan, yakni Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Program Jaminan Kematian (JKM), Program Tabungan Hari Tua (THT), dan Program Pensiun.

PT TASPEN (Persero) merupakan The First Chairman of Asian Civil Service Pension Association (ACSPA) atau Ketua Asosiasi Penyelenggara Jaminan Sosial bagi Aparatur Sipil Negara pertama di Asia, yang beranggotakan Penyelenggara Jaminan Sosial bagi ASN dari berbagai negara di Asia. Antara lain Indonesia, Korea Selatan, Filipina, Malaysia, Thailand dan Kamboja.

PT TASPEN (Persero) mengedepankan kenyamanan dan keselamatan peserta, dengan menerapkan layanan digital berupa TASPEN PESONA (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona), yakni layanan berbasis daring yang meliputi TOOS (Taspen One-hour Online Service), layanan E-Klim, Tcare, dan Otentikasi Digital.

Sebagai kanal informasi dapat menghubungi Call Center 1500919, kunjungi situs resmi https://taspen.co.idhttps://tcare.taspen.co.id dan seluruh media sosial resmi milik PT TASPEN (Persero).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.