Dark/Light Mode

TNI Terus Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat Papua

Rabu, 21 Februari 2024 17:35 WIB
Satuan Tugas (Satgas) Yonif 125/Simbisa berhasil panen raya di lahan seluas empat hektar di Kampung Mur Distrik Nambai, Kabupaten Mappi, Papua Selatan, Senin (12/2/2024). Foto: Istimewa
Satuan Tugas (Satgas) Yonif 125/Simbisa berhasil panen raya di lahan seluas empat hektar di Kampung Mur Distrik Nambai, Kabupaten Mappi, Papua Selatan, Senin (12/2/2024). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Satuan Tugas (Satgas) Yonif 125/Simbisa berhasil melakukan panen raya di lahan seluas empat hektar di Kampung Mur Distrik Nambai, Kabupaten Mappi, Papua Selatan, Senin (12/2/2024).

Panen raya digelar bersama Penjabat Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo, dan Danrem 174 Anim Ti Waninggap, Brigjend TNI Agus Widodo.

"Upaya Satgas Yonif 125/SMB mengubah lahan tidur seluas empat hektar ini bertujuan guna mewujudkan ketahanan pangan di Papua," kata Dansatgas Yonif 125/SMB Letkol Inf Ronald Manurung dalam keterangannya, Rabu (21/2/2024).

Dia juga mengatakan, TNI akan terus memberikan kontribusi terbaik demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.

Baca juga : Dukung Bisnis Berkelanjutan, LPKR Komit Tingkatkan Ketahanan Iklim

"Ini wujud nyata prajurit TNI, selain akan menjaga keamanan wilayah, juga akan memberikan kontribusi terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua," ujar Ronald.

Ronald berharap, panen raya padi di Kampung Mur dapat menjadi motivasi agar bisa memanfaatkan lahan yang masih kosong. Karena menurutnya, tanah yang ada di Kampung Mur subur dan bisa ditanami padi.

"Kami yakin di kampung ini bisa ditanami padi. Di depan hadapan bapak terhampar seluas empat hektar sawah yang sudah menguning," tuturnya.

"Harapan kami adalah dengan adanya contoh dapat memotivasi masyarakat yang ada di Kampung Mur menjadi lebih baik dan percaya bahwa tanah yang ada di Kampung Mur ini subur dan bisa ditanami padi," terang Ronald.

Baca juga : Skrining Kesehatan Tekan Angka Kematian Petugas Pemilu

Hal senada juga diungkapkan oleh Penjabat Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo. Dia mengatakan bahwa lahan di Mappi itu subur sehingga dia mendorong agar banyak lagi lahan kosong yang dapat menjadi sumber penghidupan masyarakat Papua.

"Kita hadir di sini ada hamparan lahan yang bisa kita saksikan di depan mata kita, agar dapat menjadi sumber penghidupan bagi kita dan generasi kita di masa yang akan datang," sebutnya.

"Ini adalah salah satu bukti bahwa lahan kita ini subur dan kita dapat kita kelola untuk menjadi sumber hasil-hasil pertanian," jelas Apolo Safanpo.

Sebelumnya, TNI telah merealisasikan program TNI AD Manunggal Air, salah satu program KSAD dalam mengentaskan masalah kebutuhan akan air bersih bagi masyarakat.

Baca juga : Lepas 390 PMI ke Korsel, Benny Ingatkan Tidak Jadi Pekerja Migran Kaburan

"Keseluruhannya kurang lebih itu ada 30 titik air dari 100 titik air yang menjadi program TNI AD Manunggal Air di seluruh Indonesia," ujar Kepala Peralatan Kodam XVII Cenderawasih Kolonel Cpl Reki Feriyanto.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.