Dark/Light Mode

PKSS Siap Penuhi Kebutuhan Pekerja Profesional Dalam dan Luar Negeri

Selasa, 27 Februari 2024 18:51 WIB
Dari Kiri: Direktur Bisnis PT PKSS Rahman Arif, Direktur Utama PT PKSS Revi Rizal Latif, dan Direktur Operasional dan Keuangan Rudy Andimono (Foto: Istimewa)
Dari Kiri: Direktur Bisnis PT PKSS Rahman Arif, Direktur Utama PT PKSS Revi Rizal Latif, dan Direktur Operasional dan Keuangan Rudy Andimono (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemajuan teknologi dan tumbuhnya ekonomi dan industri yang pesat memiliki dampak yang besar bagi perusahaan bidang jasa ketenagakerjaan dan layanan pengelolaan sumber daya manusia (SDM). Dalam menjawab kebutuhan bisnis akan satu sistem terintegrasi sekaligus menjamin profesionalitas dan manajemen tim perusahaan mumpuni, PT Prima Karya Sarana Sejahtera (PKSS), berdiri.

Perusahaan anak Yayasan Kesejahteraan Pekerja BRI (YKP BRI) dan Dana Pensiun BRI ini telah berhasil membangun reputasi sebagai penyedia layanan jasa pengelolaan SDM yang efisien dan terpercaya di tingkat nasional.

Direktur Utama PT PKSS Revi Rizal Latif mengatakan, melalui pendekatan yang berfokus pada kecocokan antara kebutuhan perusahaan dan keterampilan karyawan, pihaknya telah mampu membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional.

Dia menerangkan, saat ini, aktivitas merekrut dan menyalurkan tenaga kerja sangat mudah dilakukan. Tapi, mengelola tenaga kerja profesional yang siap ditempatkan di perusahaan yang membutuhkan tidak bisa sembarangan.

"Terlebih lagi saat ini industri yang bertumbuh sangat kompetitif dan banyak model bisnis baru, semisal startup teknologi. Kami sudah sangat siap menyediakan kebutuhan mereka," ucap Revi, Selasa (27/2).

Baca juga : Mahfud: MK Pernah Membatalkan Pemilu Yang Dinyatakan Curang

Revi menjelaskan, PT PKSS mengedepankan profesionalisme dalam menghadirkan berbagai solusi sumber daya manusia berintegritas dan berdaya saing untuk memajukan perusahaan mitra.

"Nilai yang menjadi Corporate Culture PKSS adalah PRIORITAS yang merupakan akronim dari Profesional, Reliabel, Integritas, Orientasi Bisnis dan Kepuasan Pelanggan, serta Inovasi dan Kreativitas," terangnya.

Dia melanjutkan, jaringan seluruh Indonesia PT PKSS juga mendorong perusahaan klien bertumbuh berkelanjutan dan menghasilkan profitabilitas melalui solusi sumber daya manusia terpadu sehingga pengelolaan tenaga kerja berjalan dengan efisien dan perusahaan mitra bisa fokus pada pengembangan bisnis.

Direktur Bisnis PT PKSS Rahman Arif menambahkan, dengan pengalaman sejak 1999, PT PKSS memiliki 34 jaringan kerja yang tersebar di seluruh Indonesia dan sudah teruji mengelola sumber daya manusia lebih dari 50.000 pekerja dan bersinergi dengan lebih dari 300 perusahaan, baik BUMN, perusahaan swasta nasional, maupun multinasional.

"PKSS mengembangkan sumber daya manusia perusahaan mitra dengan tiga solusi terpadu, yakni Man Power Outsourcing (MPO), Business Process Outsourcing (BPO), dan Knowledge Process Outsourcing (KPO)," ujar Rahman.

Baca juga : Pemerintah Disarankan Bentuk Tim Pemerintahan Transisi

Lini MPO menyediakan SDM yang profesional dan ahli di bidangnya baik untuk pemasaran, IT, manajer, pengamanan, maupun bidang lainnya dengan metode penyaringan yang sangat ketat sekaligus menyediakan asesmen bisnis. Sedangkan lini BPO menyediakan solusi layanan SDM yang mampu menjalankan pelaksanaan fungsi strategi bisnis perusahaan mitra seperti pengelolaan penggajian tunjangan dan pajak, pengelolaan asuransi, pengelolaan administrasi, layanan keamanan dan pendataan.

Lalu KPO yang akan menyediakan solusi layanan untuk meningkatkan pengetahuan SDM melalui pelatihan dan pendidikan sehingga mampu menjalankan pelaksanaan fungsi atau tugas bisnis strategis perusahaan. Melalui solusi layanan yang terpadu di bidang pengelolaan SDM, PT PKSS mendorong perusahaan mitra agar fokus pada pengembangan dan efisiensi bisnis.

"Para pemimpin bisnis melakukan alih daya fungsi SDM untuk menyederhanakan operasi mereka, namun terkadang proses ini malah menyebabkan proses pengelolaan melibatkan banyak vendor yang memakan waktu. Kami, bisa meminimalkan itu karena layanan kami yang terpadu dan terintegrasi," ujar Rahman.

Direktur Operasional dan Keuangan PT PKSS Rudy Andimono menuturkan, pihaknya telah tumbuh menjadi mitra perusahaan untuk mengembangkan aspek bisnis perusahaan untuk menjadi lebih efisien. Dengan pengalaman bisnis yang teruji, jaringan kerja yang meliputi seluruh Indonesia, dan pemanfaatan sistem teknologi terkini, pihaknya telah mengintegrasikan solusi digital dalam layanan outsourcing perusahaan. Seperti, Aplikasi dashboard Manage Service Sales untuk memantau pencapaian penjualan layanan yang dikelola, E-archive untuk pengelolaan arsip secara digital dan E-recruitment untuk mengoptimalkan proses perekrutan (Talent Pooling).

"Sebagai tambahan, kami juga memiliki tenaga kerja profesional di bidang SDM dan psikolog yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan demikian, solusi layanan terpadu ketenagakerjaan dan SDM yang kami tawarkan sangat efektif dan efisien," jelasnya.

Baca juga : Macan Kemayoran Berburu Poin Di Luar Jakarta

Menurut Rudy, proses yang dilangsungkan PT PKSS berusaha menjamin terciptanya sumber daya manusia dengan pengetahuan, keterampilan, dan keahlian terbaik serta terjamin. PT PKSS memiliki sertifikasi berstandar nasional dan internasional meliputi ISO 27001:2013 (Informasi Security Manajeman System) ISO 9001:2015 (Sistem Manajemen Mutu), ISO 14001:2015 (Sistem Manajemen Lingkungan), ISO 45001:2018 (Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja), ISO 37001:2016 (Sistem Manajemen Anti Penyuapan), dan SMK3 PP50 Tahun 2012 (Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja).

Selain itu, PT PKSS juga tergabung dalam 5 Asosiasi terbesar di Indonesia yaitu Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Asosiasi Bisnis Alih Daya Indonesia (Abadi), Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI), Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan (ABUJAPI), dan Asosiasi Perusahaan Klining Servis Indonesia (APKLINDO).

PT PKSS yakin tidak hanya dapat mencetak tenaga kerja yang berkompeten dan siap untuk disalurkan serta siap bersaing di pasar kerja nasional tetapi juga memiliki sumber daya yang tidak kalah saing di tingkat internasional.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.