Dark/Light Mode

Kepala Bapanas Kasih Kabar Baik: Harga Beras Sudah Turun Ke Rp 14 Ribu Per Kg

Senin, 4 Maret 2024 13:00 WIB
Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi. (Foto: Antara)
Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi mencatat, harga beras di pasaran mulai turun menjadi Rp 14.000 per kilogram (kg). Penurunan ini setelah harga gabah kering panen (GKP) di tingkat petani turun.

“Jadi hari ini dengan harga gabah Rp 7.040 per kg, maka otomatis beras itu akan terkoreksi sekitar Rp 2.000. Jadi, harganya sekitar Rp 14.000 per kg,” katanya dalam Rapat Koordinasi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Puasa dan Idul Fitri 1445 Hijriah di Jakarta seperti dikutip dari Antara, Senin (4/3/2024).

Baca juga : Harga Beras Mulai Turun Di Sejumlah Pasar Jakarta

Menurut Arief, sebelumnya harga GKP di atas Rp 8.000 per kg. Menurut dia, harga beras itu dua kali lipat harga GKP.

“Selalu kami sampaikan agar mudah menghitungnya, kalau harganya Rp 8.000 atau Rp 9.000 per kg, berarti harga berasnya tinggal kalikan dua, jadi Rp 16.000 atau Rp 18.000 per kg,” kata Arief.

Baca juga : Panen Sebentar Lagi, Wapres Pastikan Harga Beras Akan Turun Bertahap

Menurut Arief, turunnya harga GKP dan harga beras di pasaran setelah memasuki musim panen raya pada Maret-April yang diprediksi akan mencapai 3,5 juta ton.

“Harga akan mulai terkoreksi seiring dengan berjalannya panen yang angkanya kurang lebih 3-3,5 juta ton dari kebutuhan kita 2,5-2,6 juta ton. Panen di Lamongan, Tuban Bojonegoro, Sragen, Ngawi, Demak Grobogan, Lampung, Sumsel,” tutur Arief.

Baca juga : Alhamdulillah, Harga Beras Mulai Turun

Arief juga berterima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan di bidang pangan yang terus bersinergi dalam menjaga suasana tetap kondusif utamanya untuk perberasan nasional.

Bapanas menggelar rapat koordinasi bersama lintas kementerian dan lembaga serta pengusaha di bidang pangan untuk mewujudkan pangan yang terjangkau bagi masyarakat menjelang HBKN Idul Fitri 1445 Hijriah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.