Dark/Light Mode

Agus Fatoni Berharap Bandara Way Kanan Segera Beroperasi secara Komersil Kembali

Rabu, 6 Maret 2024 14:14 WIB
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni (kanan) bersama Menhub Budi Karya Sumadi. (Foto: Dok. Kemenhub)
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni (kanan) bersama Menhub Budi Karya Sumadi. (Foto: Dok. Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni berharap, Bandara Gatot Subroto Way Kanan segera beroperasi secara komersil kembali. Hal itu disampaikan Fatoni dalam audensi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membahas reaktifasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Selasa (5/3).

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat dan tidak terlalu lama ini bisa dioperasikan Bandara Gatot Subroto Way Kanan,” kata Fatoni, seperti keterangan yang diterima redaksi, Rabu (6/3).

Baca juga : Agus Fatoni Bangga Capaian IETPD Sumsel Lampaui Rata-rata Nasional

Menurutnya, kehadiran Bandara Gatot Subroto Way Kanan sangat penting. Ini dikarenakan kebutuhan masyarakat yang besar dan berpotensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga sekitar.

“Kami sampaikan kebutuhannya juga potensinya sangat besar dan bandara juga sudah siap. Oleh karena itu, kita sampaikan semua, kita hadirkan seluruh bupati yang ada di situ, ada Kabupaten Way Kanan, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, OKU, OKU Selatan dan Lampung Barat dan Pemda siap mendukung ini,” jelas Fatoni.

Baca juga : Agus Fatoni Luncurkan Perbaikan RTLH dan Pemberian Sanitasi Serentak se-Sumsel

Menurutnya, ada enam kabupaten sekaligus yang menerima manfaat Bandara Gatot Subroto Way Kanan. Sebab, berada ini terletak di perbatasan antara Sumatera Selatan dan Lampung. Terkait anggaran, seluruh Pemerintah Daerah sekitar juga sudah siap mendukung percepatan aktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan.

Karenanya, dia berharap reaktivasi Bandara Subroto Way Kanan dapat terealisasikan secepatnya. Ini dikarenakan akan berdampak langsung pada sejumlah daerah sekitar. “Mudah-mudahan bisa selesai dalam waktu dekat dan bisa dioperasikan oleh masyarakat Sumsel dan Lampung,” kata Fatoni.

Baca juga : Pj Gubernur Agus Fatoni Bersyukur, Pemilu di Sumsel Berlangsung Kondusif

Menhub Budi Karya Sumadi menyambut baik rencana reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan. Bahkan, Menhub memberi opsi untuk mengupayakan pesawat ATR guna mendukung percepatan reaktivasi bandara tersebut.

“Pada prinsipnya kami akan upayakan percepatan reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan akan segera beroperasi untuk komersil kembali,” ucap Menhub.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.