Dark/Light Mode

Dorong Pertumbuhan UMKM

Pertamina Dan Kemenparekraf Gagas Temu Bisnis KENAROK X SMEXPO

Jumat, 8 Maret 2024 14:22 WIB
Dorong Pertumbuhan UMKM Pertamina Dan Kemenparekraf Gagas Temu Bisnis KENAROK X SMEXPO

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk lebih mendorong pertumbuhan UMKM Indonesia, PT Pertamina (Persero) Kembali berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam menggelar Temu Bisnis KENAROK (Kemitraan Nasional Rantai Pasok) XSMEXPO pada 7-9 Maret 2024 di Tunjungan Plaza 6 Surabaya.

UMKM berkontribusi 61 persen terhadap PDB dan menyerap 97 persen tenaga kerja di Indonesia, hal ini menjadi fokus kolaborasi.

“Dalam kesempatan ini, saya ingin menyampaikan bahwa target jumlah kunjungan wisman tahun 2024 telah ditetapkan antara 11 juta hingga 16 juta kunjungan. Keberhasilan mencapai target tersebut memerlukan dukungan dari semua pihak karena keterkaitannya yang tak terpisahkan dengan ekonomi kreatif,“jelas Sandiaga Uno saat pembukaan acara secara hybrid.

Sandiaga Uno menambahkan pentingnya peningkatan produk unggulan sebagai penambah nilai dan daya saing pariwisata, guna memperkuat sinergitas antara ekonomi pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca juga : Dukung Pertumbuhan UMKM Perempuan, Bukalapak Gelar Kompetisi PUJAAN

“Hal ini dapat memperkuat sinergi antara ekonomi pariwisata dan ekonomi kreatif dengan fokus pada pengembangan produk unggulan, hingga dapat memperluas pasar pariwisata dan menciptakan peluang baru bagi industri kreatif,” tuturnya.

Selain B2B Business Matching yang mengundang potensial buyer berasal dari pelaku usaha besar dan asosiasi usaha, kegiatan diisi dengan bisnis forum yang menghadirkan narasumber ahli untuk sharing dan diskusi, B2C Ekraf Expo yang berisi penjualan produk secara retail kepada pengunjung umum, serta kegiatan Performance Show yang menampilkan seni pertunjukan unggulan daerah.

Kegiatan dihadiri oleh 58 UMKM dan 150 industri pariwisata serta ritel, dimana 15 UMKM dintaranya merupakan UMKM binaan Pertamina yang berasal dari Jawa Timur.

UMKM tersebut antara lain Rasyida Alam, Namine Goni, Dian Art, UD. Dede Satoe, UD. Persada Utama Mandiri, Gunung Lirang 2, CV Bumi Agro Indonesia, Rati Collection, Viera Collection, Roemah Kebaya Afiti, Bantal Moker, Adi Jaya Rambak, Koleo Coffe, Batik Cempaka, dan R Khan Art Studio.

Baca juga : Dorong Pertumbuhan Wakaf Uang, BSI Terbitkan Deposito Wakaf

Drs. Susilaningsih pemiliki UMKM Dede Satoe, terkenal dengan aneka sambal, bumbu bawang goreng, dan Cheese Stick yang diminati banyak orang.

Dirinya pernah meraih prestasi gemilang dengan produknya pada kegiatan serupa sebelumnya.

Ditandai dengan ekspansi pasar ke berbagai negara termasuk Amerika Serikat, Kanada, Australia, Korea Selatan, dan Belanda, bahkan telah menjadwalkan pengiriman produk ke Amerika Serikat rutin setiap bulan.

"Kami sangat bersyukur atas dukungan yang kami terima dalam Temu Bisnis KENAROK X SMEXPO ini. Ini adalah bukti nyata bahwa UMKM Indonesia memiliki potensi besar untuk bersaing di pasar global. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas produk dan memperluas jangkauan pasar kami," ujarnya.

Baca juga : Dorong Percepatan Pengadaan Digital, Pemkab Sleman Gelar Temu Bisnis UMKM

Area Manager Comm, Rel, & CSR Jatimbalinus, Ahad Rahedi mengungkapkan selain mengadakan pertemuan bisnis, Pertamina juga berupaya untuk meningkatkan kehadiran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan meluncurkan sejumlah program peningkatan literasi digital.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.