Dark/Light Mode

Penjualan Mobil Astra Ngerem

Kamis, 31 Oktober 2019 23:50 WIB
Menara Astra. (Foto: Astra)
Menara Astra. (Foto: Astra)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sepanjang kuartal III-2019, penjualan mobil PT Astra International Tbk turun. Akibatnya laba bersih dari divisi otomotif grup mengalami penurunan sebesar 14 persen menjadi Rp 6,1 triliun.

Presdir Astra International, Prijono Sugiarto mengatakan, penjualan mobil sepanjang kuartal III turun 7 persen menjadi 396.000 unit. Berdasarkan data Gaikindo, penjualan mobil secara nasional juga turun 12 persen menjadi 754.000 unit.

"Pangsa pasar Astra meningkat dari 50 persen menjadi 53 persen. Pada periode ini telah diluncurkan 14 model baru dan 7 model revamped," katanya di Jakarta, Kamis (31/10)

Baca juga : Toyota Calya, Mobil Keluarga Yang Sempurna

Sementara, penjualan sepeda motor secara nasional meningkat 4 persen menjadi 4,9 juta unit. Penjualan sepeda motor Astra Honda meningkat 5 persen menjadi 3,7 juta unit, dengan pangsa pasar sedikit meningkat menjadi 75 persen.Pada periode ini telah diluncurkan 6 model baru dan 19 model revamped.

Sedangkan, bisnis komponen otomotif Grup, PT Astra Otoparts Tbk (AOP) mencatatkan peningkatan laba bersih sebesar 24 persen  menjadi Rp 512 miliar. Ini dipengaruhi kenaikan pendapatan dari segmen pasar suku cadang pengganti (REM/replacement market) dan menurunnya biaya produksi.

Sebelumnya,  Astra berhasil kantongi pendapatan bersih konsolidasian grup naik 1 persen menjadi Rp 177,0 triliun.

Baca juga : BI: Penjualan Eceran Agustus Tumbuh Melambat

capaian itu ditopang meningkatnya pendapatan dari divisi alat berat, pertambangan, konstruksi dan energi, divisi jasa keuangan, serta divisi infrastruktur dan logistik.

Untuk diketahui, Astra berhasil kantongi pendapatan bersih konsolidasian grup naik 1 persen menjadi Rp 177,0 triliun.

capaian itu ditopang meningkatnya pendapatan dari divisi alat berat, pertambangan, konstruksi dan energi, divisi jasa keuangan, serta divisi infrastruktur dan logistik. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.