Dark/Light Mode

Ekonomi Stabil

Airlangga Pede Inflasi Lebaran Tetap Terjaga

Senin, 8 April 2024 07:00 WIB
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah menegaskan kepercayaan dan optimisme dunia usaha tetap terjaga. Tingkat kepercayaan yang tinggi tersebut diyakini bakal menciptakan lingkungan kondusif untuk investasi, mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, serta memperluas lapangan kerja.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Hari Besar Keagamaan nasional (HBKN) memberikan dorongan dan optimisme tambahan bagi pelaku usaha.

Airlangga optimistis, inflasi ramadan dan idul Fitri bakal tetap terjaga.

“Momentum positif ini diprediksi masih akan terus berlanjut di tengah terjaganya inflasi sesuai target inflasi tahun 2024, yakni 2,5±1 persen. Pada Maret 2024, inflasi tercatat 3,05 persen, terjaga dalam rentang sasaran,” kata Airlangga seperti dikutip, Minggu (7/4/2024).

Baca juga : Udinese Vs Inter Milan, Si Ular Besar Ingin Percepat Scudetto

Airlangga juga menjelaskan, peningkatan ekonomi indonesia ditunjukkan dengan kinerja Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur indonesia pada Maret 2024.

PMI Maret 2024 menunjukkan konsistensi kinerja industri manufaktur dengan terus berada di level ekspansif selama 31 bulan berturut-turut.

PMI Manufaktur Maret 2024 mencapai level 54,2 dan merupakan angka tertinggi sejak November 2021.

Hal ini memberikan indikasi bahwa pelaku usaha di sektor manu faktur tetap memegang keyakinan terhadap ketahanan dan prospek perekonomian indonesia.

Baca juga : Pamer Skill Masak Rendang

Capaian angka PMI Manufaktur yang terjaga pada level ekspansif secara umum didorong oleh konsistensi permintaan pasar yang terus berkembang, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Perusahaan-perusahaan merespons peningkatan ini, dengan meningkatkan output untuk memenuhi kebutuhan pasar tersebut.

Khusus Maret 2024, volume output perusahaan bahkan mencatat peningkatan tertinggi sejak 27 bulan terakhir.

Menurut Airlangga, tingginya permintaan juga mendorong pembukaan lapangan kerja baru, baik untuk memenuhi permintaan yang meningkat maupun sebagai respons terhadap kebutuhan bahan baku produksi.

Baca juga : Prabowo Sedang “Dilatih” Jokowi

Seiring dengan itu, perekonomian terus menunjukkan stabilitas di tengah pertumbuhan lapangan kerja yang semakin luas.

Selain itu, menurutnya, Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) yang dilakukan Bank indonesia menunjukkan gambaran optimistis.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.