Dark/Light Mode

Arus Mudik Di Bandara Soetta Lancar, Menhub Puji Angkasa Pura II Cs

Sabtu, 13 April 2024 06:04 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi. (Foto: Ist)
Menhub Budi Karya Sumadi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengapresiasi para stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) yang telah berkolaborasi dengan baik pada angkutan Lebaran 2024. 

Para stakeholder yang dimaksud adalah PT Angkasa Pura II, AirNav Indonesia, maskapai, Bea Cukai, Imigrasi, Karantina, TNI dan Polri,

“Saya mengapresiasi bahwa rekan-rekan aviasi di tengah-tengah liburan, ini bekerja sangat aktif,” ujar Menhub. 

Lebih lanjut, Menhub mengatakan, kelancaran lalu lintas penerbangan di tengah periode sibuk angkutan Lebaran ini tidak mungkin terjadi apabila tidak ada kolaborasi di antara stakeholder Bandara Soetta yang merupakan bandara tersibuk di Indonesia.

Baca juga : Cek Kesiapan Bandara Soetta, Menhub Prediksi Puncak Arus Balik 14-15 April

“Ini tidak mungkin terjadi kalau tidak kolaborasi,” jelas Menhub.

Menhub memaparkan, jumlah pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta pada angkutan Lebaran 2024 yang tertinggi sudah mencapai 1.236 penerbangan dalam satu hari, atau mendekati tahun 2019 saat belum ada pandemi yang sebanyak 1.280 penerbangan dalam satu hari. 

“Surprise-nya adalah jumlah penumpang lebih besar. Di Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta) lebih besar (tingkat pemulihan/recovery rate) 101 persen dari 2019,” jelas Menhub. 

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Agus Wialdi menuturkan, jumlah penumpang tertinggi pada periode H-7 hingga H2 (3 - 11 April 2024) ada pada puncak arus mudik 6 April 2024 yakni sebanyak 187.744 orang atau mencerminkan recovery rate 101 persen dibandingkan dengan puncak arus mudik 2019. 

Baca juga : Arus Mudik Di Bandara Soetta Lancar, Ini 5 Destinasi Favorit

“AP II berterima kasih atas dukungan Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN, serta kolaborasi yang baik di antara seluruh stakeholder Bandara Soekarno-Hatta sehingga pelaksanaan angkutan Lebaran khususnya di arus mudik berjalan baik dan lancar,” ujar Agus Wialdi. 

Secara total, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta pada H-7 hingga H2 (3 - 11 April 2024) telah mencapai 1,37 juta penumpang atau naik 9 persen dibandingkan dengan periode yang sama 2023 sebanyak 1,26 juta penumpang. 

Di tempat yang sama, Direktur Operasi PT Angkasa Pura II Agus Haryadi mengatakan Bandara Soekarno-Hatta saat ini sudah mulai menyambut arus balik. “Puncak arus balik diperkirakan pada Senin, 15 April 2024, dengan jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta diproyeksikan sekitar 190.000 orang,” ujar Agus Haryadi.

Pada angkutan Lebaran tahun ini, Agus Haryadi mengatakan seluruh bandara AP II termasuk Bandara Soekarno-Hatta menghadirkan Ramadan Customer Experience bagi penumpang pesawat.

Baca juga : Cek Arus Mudik Di 4 Gerbang Tol Utama, Menhub: Pemudik Lebih Suka Jalan Malam Hari

“Bandara-bandara AP II menghadirkan desain tematik bernuansa ramadan di terminal sehingga penumpang pesawat sudah dapat merasakan ambience Lebaran saat melakukan perjalanan pada periode angkutan lebaran ini. Di samping itu, berbagai program aktivasi untuk menghibur penumpang juga dijalankan,” ujar Agus Haryadi. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.