Dark/Light Mode

Merah Putih Kinclong Di Kandang Vietnam, Pengamat Puji Erick Thohir

Rabu, 27 Maret 2024 00:10 WIB
Pengamat sepak bola M Kusnaeni atau Bung Kus (Foto: Humas Kemenpora)
Pengamat sepak bola M Kusnaeni atau Bung Kus (Foto: Humas Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat sepak bola Mohamad Kusnaeni mengapresiasi kinerja timnas Indonesia, yang tampil luar biasa menggulingkan Vietnam 3-0 di duel lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F di My Dinh Hanoi Vietnam, Selasa (26/3/2024).

Dua dari tiga gol kemenangan itu dicetak pemain naturalisasi Jay Idzes di menit 9 dan Ragnar Oratmangun menit 23. Satu gol sisanya, dijaringkan Ramadhan Sananta pada menit 90+8.

"Kemenangan ini membanggakan. Membuka peluang Indonesia melaju ke fase selanjutnya Kualifikasi Piala Dunia 2026," kata Kusnaeni, Selasa (26/3/2024).

Dia juga mengapresiasi peran Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang dinilainya berkomitmen dalam membangun timnas Indonesia. Menurut penilaiannya, Erick cekatan dalam menyiapkan pemain naturalisasi.

Baca juga : Besok Lawan Vietnam, Witan Siap Unjuk Diri

"Tentunya, ini kemenangan yang membanggakan. Tidak hanya memutus rekor buruk 20 tahun tak pernah menang di kandang Vietnam, tetapi juga membuka lebar peluang Indonesia ke fase kualifikasi selanjutnya," ujar Kusnaeni, Selasa (26/3) malam.

Dengan tambahan tiga poin, Indonesia mantap di posisi kedua dengan nilai 7. Atau terpaut lima angka dengan Irak, yang berada di puncak klasemen dengan angka 12 poin.

Sementara Vietnam bertengger di peringkat tiga dengan nilai 3. Sedangkan Filipina, menjadi juru kunci nilai 1.

Dengan menyisakan dua laga melawan Irak (6/6/2024) dan Filipina (11/6/2024), Jay Idzes Cs hanya membutuhkan tiga poin untuk lolos ke fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, serta otomatis lolos Piala Asia 2027.

Baca juga : Kubu Amin Minta Pemilu Diulang Tanpa Gibran, Pengamat: Dagelan Politik

"Kuncinya, manfaat kan dua laga sisa di kandang dengan minimal meraih tiga poin," ujar Bung Kus.

Sasaran paling realistis tentunya dengan mengalahkan Filipina, yang sudah pasti tersingkir. "Tapi akan luar biasa jika di kandang kita juga bisa meraih poin saat menghadapi Irak. Dengan perkembangan permainan timnas saat ini, merebut poin dari Irak bukan hal yang mustahil," paparnya.

Peran Ketum PSSI

Bung Kuş mengapresiasi konsistensi sikap Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan komitmennya dalam membangun tim nasional.

Bung Kus menilai, peran Erick merekrut pemain-pemain yang dibutuhkan pelatih, berperan besar di balik peningkatan performa tim nasional.

Baca juga : Kualifikasi Piala Dunia, Vietnam Waspada Fisik Timnas Garuda

Menurutnya, peningkatan performa tim nasional membuat gairah persepak bolaan Indonesia meningkat. Momentum harus dimanfaatkan PSSI untuk meningkatkan sektor pembinaan, khususnya sepak bola usia muda.

"Gairah sepak bola di Tanah Air kini sangat besar. Ini akan lebih memudahkan langkah PSSI dalam menata pembinaan secara menyeluruh. Jangan lewatkan kesempatan ini!," pungkasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.