Dark/Light Mode

BI Pastikan Jaga Stabilitas Rupiah

Jumat, 19 April 2024 13:30 WIB
Gubernur BI Perry Warjiyo bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Sidang IMF World Bank di Washington DC, Kamis (18/4/2024). (Foto: BI)
Gubernur BI Perry Warjiyo bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Sidang IMF World Bank di Washington DC, Kamis (18/4/2024). (Foto: BI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) memastikan akan terus menjaga stabilitas rupiah di tengah memanasnya konflik di Timur Tengah dan ketidakpastian penurunan Fed Fund Rate (FFR).

“Kami terus memastikan stabilitas Rupiah tetap terjaga dengan intervensi valuta asing dan langkah-langkah  lain yang diperlukan,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo dalam Sidang IMF World Bank di Washington DC, Kamis (18/4/2024).

Baca juga : MIRAD Berangkatkan Ratusan Disabilitas Tempuh Arus Balik Lebaran

Menurut Perry, ekonomi Indonesia termasuk salah satu negara emerging market (EMEs) yang kuat dalam menghadapi dampak rambatan global akibat ketidakpastian penurunan Fed Fund Rate (FFR) dan meningkatnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah. 

Hal tersebut, kata dia, ditopang oleh kebijakan moneter dan fiskal yang pruden dan terkoordinasi erat. Untuk memperkuat ketahahan eksternal dimaksud, komitmen kuat Bank Indonesia untuk stabilisasi nilai tukar menjadi bagian penting. 

Baca juga : BPH Migas Pastikan Stok Avtur Arus Balik Aman

“Demikian pula pengelolaan aliran portfolio asing yang ramah pasar, termasuk operası moneter yang pro-market dan terintegrasi dengan pendalaman pasar uang, mendukung ketahanan eksternal ekonomi Indonesia,” tukasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.