Dark/Light Mode

Teknologi Digital Diperlukan Untuk Kumpulkan Dan Distribusi Zakat

Rabu, 6 November 2019 20:15 WIB
Sekretaris Jenderal World Zakat Forum, Prof Bambang Sudibyo memberi keterangan di Crowne Plaza Hotel, Bandung, Rabu (6/11)
Sekretaris Jenderal World Zakat Forum, Prof Bambang Sudibyo memberi keterangan di Crowne Plaza Hotel, Bandung, Rabu (6/11)

RM.id  Rakyat Merdeka - Konferensi Internasional World Zakat Forum (WZF) 2019 yang digelar di Crowne Plaza Hotel, Bandung, Jawa Barat, Selasa (5/11) hingga Rabu (6/11) resmi ditutup. Sebanyak 300 peserta konferensi dari 28 negara sepakat merumuskan 7 resolusi dari tema yang diangkat “Optimizing Global Zakat Role through Digital Technology”.

Disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal WZF, Prof Bambang Sudibyo, 7 resolusi ini menyeru untuk mengembangkan zakat global dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital yang ada saat ini.

Baca juga : Dewan Pengawas KPK Dibentuk Bulan Depan, Agus Cs Pasrah

Menurut Bambang Sudibyo, komitmen zakat harus memberi perhatian tidak hanya pada bagaimana zakat dikumpulkan dan didistribusikan sebagaimana mestinya, tetapi juga bagaimana zakat dikelola secara profesional, efektif, efisien dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang bergerak cepat. 

“Gerakan zakat global harus memperhatikan peran teknologi digital dalam pengelolaan zakat karena dunia muslim sangat luas, dari Afrika hingga Asia Tenggara yang mencakup enam benua" ujarnya. 

Baca juga : Inisiasi Digital Island, Bank DKI Dorong Inklusi Keuangan di Kepulauan Seribu

Bambang Sudibyo menambahkan WZF sebagai platform gerakan zakat internasional, memiliki peran untuk sinergi para pemangku kepentingan zakat global dalam meningkatkan kesejahteraan umat dan mengurangi kemiskinan. 

“Konferensi ini juga menandai meningkatnya peran zakat untuk menyelesaikan masalah kemiskinan dan ketidaksetaraan global dan mengusulkan standar secara khusus untuk mengukur dampak zakat terhadap kesejahteraan mustahik (penerima manfaat zakat),” ujarnya. [DNU]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.