Dark/Light Mode

Gencar Kembangkan Asuransi Syariah, Prudential Gaet Peserta Segmen Muslim

Sabtu, 27 April 2024 05:56 WIB
Prudential Indonesia dan Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) mengumumkan hasil kinerja perusahaan yang solid selama 2023. (Foto: Istimewa)
Prudential Indonesia dan Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) mengumumkan hasil kinerja perusahaan yang solid selama 2023. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) mengumumkan hasil kinerja perusahaan yang solid selama 2023.

Secara gabungan, Prudential mencatatkan pertumbuhan double digit hingga 15 persen berdasarkan nilai premi baru yang disetahunkan atau annualized premium equivalent (APE).

Kepemimpinan di industri asuransi didukung oleh kinerja bisnis yang solid, dimana secara gabungan kedua perusahaan mencatatkan total pendapatan premi dan kontribusi sebesar Rp 22 triliun, dan total aset Rp 66 triliun.

"Performa yang solid di 2023 semakin memperkuat optimisme kami untuk dapat terus meningkatkan kinerja positif perusahaan secara berkelanjutan, agar dapat menghadirkan perlindungan optimal sesuai kebutuhan, tujuan keuangan, dan profil risiko nasabah," ungkap Presiden Direktur Prudential Indonesia Tony Benitez dalam keterangannya, Jumat (26/3/2024).

Baca juga : Persiapan Kedatangan PM Singapura, Presiden Jokowi Terima Menlu Negeri Merlion

Tony menambahkan, sepanjang 2023 Prudential Indonesia mencatatkan pertumbuhan double digit hingga 22 persen berdasarkan APE dari lini bisnis konvensional, jauh diatas pertumbuhan industri.

Menurutnya, Prudential Indonesia mencatatkan total pendapatan premi sebesar Rp19 triliun, dengan total aset Rp 60 triliun, dan dipercaya mengelola dana investasi hingga Rp 56 triliun.

Sementara, total kontribusi bruto dari Prudential Syariah di 2023 mencapai lebih dari Rp 3,2 Triliun, mengalami pertumbuhan sebesar 38 persen dibandingkan dengan 2022.

"Sepanjang 2023, kami berhasil mempertahankan kepemimpinan kami di industri asuransi jiwa syariah di Indonesia," ujar Tony.

Baca juga : Aparat Diminta Bertindak Tegas

Hal ini menjadi bukti dari komitmen kami dalam menyediakan kebutuhan proteksi yang komprehensif sesuai dengan prinsip syariah kepada keluarga Indonesia.

"Kami terus berfokus meningkatkan jumlah peserta khususnya terhadap segmen muslim," tambah Presiden Direktur Prudential Syariah Iskandar Ezzahuddin.

Salah satunya, Prudential Indonesia dan Prudential Syariah terus melakukan diversifikasi portofolio produk salah satunya dengan menawarkan ragam opsi produk tradisional, agar menjangkau segmen nasabah yang lebih luas.

Program literasi keuangan juga menjadi salah satu program utama kedua perusahaan dalam meningkatkan literasi dan penetrasi asuransi di Indonesia.

Baca juga : OPM Tembak Danramil, Syarief Hasan Minta Pemerintah Lebih Tegas

Sepanjang 2023, kedua perusahaan telah menjangkau lebih dari 16 juta orang yang menyasar kaum perempuan, remaja, hingga anak-anak, guna meningkatkan pengetahuan dasar akan manajemen keuangan dan pentingnya proteksi diri dan keluarga.

Iskandar menambahkan, selain membantu mengelola proteksi berbasis syariah untuk keluarga Indonesia yang menerapkan prinsip saling tolong-menolong antar sesama.

"Selain itu memberikan manfaat berkelanjutan untuk sesama melalui peningkatan literasi keuangan, penetrasi asuransi keuangan syariah melalui kolaborasi strategis dengan asosiasi, organisasi Islam, dan institusi pendidikan dan berbagai pihak untuk memperkuat ekosistem syariah,” ujar Iskandar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.