Dark/Light Mode

Persiapan Kedatangan PM Singapura, Presiden Jokowi Terima Menlu Negeri Merlion

Jumat, 26 April 2024 11:42 WIB
Menlu Retno Marsudi di Kompleks Istana, Jakarta, Jumat (26/4/2024). (Foto: RM.id/UMM)
Menlu Retno Marsudi di Kompleks Istana, Jakarta, Jumat (26/4/2024). (Foto: RM.id/UMM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan, bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara hari ini, Jumat (26/4/2024). 

Pertemuan ini sebagai persiapan untuk kunjungan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, yang akan tiba di Indonesia pada Senin, 29 April 2024.

Baca juga : Bangun Kawasan Industri Elektronik

Kunjungan ini merupakan bagian dari agenda tahunan "leaders retreat" yang menandai pentingnya kerjasama bilateral antara kedua negara. 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan leaders retreat adalah kesempatan untuk meninjau kembali sepuluh tahun kerjasama antara Singapura dan Indonesia. 

Baca juga : Bamsoet Apresiasi KPU Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wapres Terpilih

"Kami akan merayakan hubungan yang sudah terjalin dan sekaligus meninjau kontinuitas kerja sama di masa yang akan datang," ujar Retno, di Istana, Jakarta, Jumat (26/4/2024). 

Kunjungan ini juga akan menjadi salah satu agenda terakhir PM Lee Hsien Loong sebelum ia menyerahkan kepemimpinan kepada PM baru Singapura, Lawrence Wong, yang turut serta dalam delegasi. 

Baca juga : MK Putuskan Tak Ada Kecurangan Pilpres, Jokowi Senang

Agenda pertemuan mencakup beberapa isu penting seperti ketahanan pangan, transisi energi, dan pembangunan infrastruktur, dengan fokus khusus pada kerjasama dalam energi terbarukan, terutama tenaga matahari.

Pada akhir kunjungan, dijadwalkan akan ada konferensi pers bersama untuk membahas hasil dari pertemuan tersebut. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.