Dark/Light Mode

Green Impact Days

Di Depan 2.000 Mahasiswa, Bos RM: Green Energy Solusi Hadapi Krisis Global

Senin, 29 April 2024 11:33 WIB
CEO Rakyat Merdeka Kiki Iswara Darmayana memberikan sambutan dalam acara Green Impact Days, di Sabuga ITB, Bandung, Senin (29/4/2024). (Foto: Khairizal Anwar/RM)
CEO Rakyat Merdeka Kiki Iswara Darmayana memberikan sambutan dalam acara Green Impact Days, di Sabuga ITB, Bandung, Senin (29/4/2024). (Foto: Khairizal Anwar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rakyat Merdeka bersama Society of Renewable Energy (SRE) menggelar acara Green Impact Days, di Sabuga ITB, Bandung, Senin (29/4/2024). Dalam acara itu, CEO Rakyat Merdeka Kiki Iswara Darmayana menyampaikan pentingnya kepedulian pada lingkungan, energi bersih, dan ekonomi hijau. Menurutnya, hal ini untuk menjawab tantangan krisis global sekaligus untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Acara dengan fokus pada Ketahanan Pangan, Air, dan Energi ini dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang juga menjabat sebagai Menteri ESDM Ad Interim, Siti Nurbaya. Siti menggantikan Arifin Tasrif yang sedang bertugas di Eropa dan Arab Saudi.

Hadir pula Sekjen KLHK Bambang Indroyono, Sekjen ESDM Dadan Kusdiana, serta jajaran redaksi Rakyat Merdeka, termasuk Direktur Pemberitaan Ratna Susilowati, Pemred Rakyat Merdeka Riky Handayani, Pemred RM.id Fristy Hestyarini, dan pendiri Society of Renewable Energy Zagy Yakana Berian.

Baca juga : Green Impact Day Rakyat Merdeka Dorong Anak Muda Menuju Energi Hijau

Acara berlangsung meriah dan semarak. Sebanyak 2.000 mahasiswa dari berbagai kota seperti Jakarta, Bandung, Banten, Manado, Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya.

Dalam sambutannya, Kiki Iswara berbicara tentang pentingnya usaha berkelanjutan untuk meningkatkan partisipasi generasi muda dalam isu lingkungan, khususnya dalam menghadapi krisis ekonomi global seperti konflik berkepanjangan antara Rusia dan Ukraina.

"Ketahanan pangan, air, dan energi adalah agenda utama kita hari ini, terutama saat kondisi geopolitik global yang tidak stabil berpotensi memengaruhi ketahanan kita, khususnya dalam hal ketersediaan pangan, air, dan energi," ujar Kiki.

Baca juga : Bos Rakyat Merdeka: Green Jobs Butuh Green Skills

Untuk mencapai ketahanan ini, kata dia, diperlukan kolaborasi dan solidaritas antargenerasi serta lintas generasi. "Ini penting agar Indonesia bisa tetap kuat menghadapi situasi dan terus bergerak menuju Visi Indonesia 2045."

Green Impact Days adalah acara tahunan, yang tahun ini juga merayakan ulang tahun ke-25 Rakyat Merdeka. Sebelumnya, telah dilaksanakan berbagai kegiatan seperti seminar Green Jobs yang diadakan pada 24 April di Jakarta, serta penanaman 25 ribu mangrove di 25 lokasi di seluruh Indonesia yang dipimpin Menteri Siti Nurbaya.

"Ini adalah aksi nyata dari anak muda dan masyarakat yang terlibat langsung dalam upaya penyelamatan lingkungan dan ekosistem Indonesia," tambah Kiki, mengakhiri sambutannya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.