Dark/Light Mode

Wapresdir TMMIN: Logistic Skill Contest Kurangi Kecelakaan Hingga 90 Persen

Rabu, 1 Mei 2024 18:59 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (tengah) didampingi Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Nandi Julyanto dan Wakil Presiden Direktur TMMIN Bob Azam berfoto dengan para peserta Logistic Skill Contest 2023/2024 di di kawasan Pusat Logistik Berikat (PLB) Puninar Logistik, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (1/5/2024). (Foto: Ist)
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (tengah) didampingi Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Nandi Julyanto dan Wakil Presiden Direktur TMMIN Bob Azam berfoto dengan para peserta Logistic Skill Contest 2023/2024 di di kawasan Pusat Logistik Berikat (PLB) Puninar Logistik, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (1/5/2024). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam mengatakan, Logistic Skill Contest berhasil meningkatkan kualitas driver dalam berkendara.

Skill Contest telah terbukti menjadi salah satu katalis dalam peningkatan kompetensi para driver dalam menjaga aspek keselamatan yang tercermin dari tingkat penurunan total kasus kecelakaan dan insiden sebesar 90 persen dari tahun 2010 hingga 2023,” kata Bob kepada media di kawasan Pusat Logistik Berikat (PLB) Puninar Logistik, Cilincing, Jakarta Utara, Jakarta, Rabu (1/5/2024).

Untuk diketahui, TMMIN kembali menggelar kegiatan ‘Logistic Skill Contest” yang ke-13 dengan mengusung tema “Let's Create Our Future Sustainability by Strong People Development, Productivity Up and Best Competitiveness”.

Baca juga : Tingkatkan Kualitas SDM, TMMIN Gelar Logistic Skill Contest

Menurut dia, fokus utama Skill Contest pada implementasi standar operasional yang tidak hanya mempercepat proses, tetapi juga mengintegrasikan keamanan sebagai komponen utama. Pemahaman akan peranan penting para driver dalam rantai pasokan telah mendorong peningkatan kepedulian serta keterampilan mereka, terutama dalam aspek keselamatan yang berdampak langsung terhadap keselamatan publik dan kelancaran produksi.

“Hal ini disadari karena kecelakaan atau insiden dalam perjalanan dapat menghambat proses produksi dan memiliki efek domino yang merugikan banyak pihak, termasuk kepuasan konsumen,” ujarnya.

Menurut Bob, hingga 2023, telah terjalin kolaborasi dengan hampir 30 rekanan logistik yang mendukung operasi produksi kendaraan TMMIN di dalam negeri. Jaringan luas ini menopang operasional sehari-hari yang melibatkan lebih dari 1,100 karyawan dalam proses distribusi, menunjukkan skala dan pentingnya sistem yang efisien dan terintegrasi.

Baca juga : Angka Kecelakaan Merosot 8 Persen

Sejak dimulainya inisiatif Skill Contest, fokus diberikan pada pengembangan master trainer sebagai strategi utama untuk meningkatkan kualitas dan keahlian dalam rantai pasok secara mandiri. Di tahun 2023, telah dikembangkan 28 orang master trainer yang tergabung dalam rantai pasok logistik Toyota yang berperan penting tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga memastikan transfer ilmu dan keterampilan khusus.

Tiga Pilar ESG

Bob menegaskan, pelaksanaan Skill Contest juga didasari semangat tiga pilar ESG (Environment, Social, and Governance). Pada pilar environment, fokus diberikan pada pengembangan keterampilan yang mendukung upaya pengurangan emisi yang berperan besar dalam transisi menuju karbon netralitas.

Baca juga : Jasa Raharja Serahkan Santunan Korban Kecelakaan Di KM 370 A

Pada pilar social, peningkatan pengembangan tenaga kerja dilakukan melalui program-program sertifikasi yang bertujuan meningkatkan kualifikasi dan keterampilan pekerja. Pada pilar governance, upaya dilakukan untuk meningkatkan kepatuhan dan tata kelola mencakup peningkatan prinsip untuk memastikan semua proses berjalan sesuai standar.

“Melalui peningkatan keterampilan SDM, kita bukan hanya akan mengukuhkan fondasi yang kuat bagi kemajuan industri di Indonesia, bersama-sama kita menciptakan sebuah ekosistem yang memungkinkan para pekerja untuk berkembang dan berkontribusi secara maksimal dalam mewujudkan visi industri yang berkelanjutan dan inklusif untuk masa depan yang lebih baik bagi bangsa dan negara kita,” tutur Bob.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.