Dark/Light Mode

Distribusi Logistik Pemilu 2024

Dalam Negeri 99 Persen, Luar Negeri 100 Persen

Senin, 5 Februari 2024 07:10 WIB
Ketua KPU Hasyim Asy’ari. (Foto: Humas KPU)
Ketua KPU Hasyim Asy’ari. (Foto: Humas KPU)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan distribusi logistik pemilu di dalam negeri untuk pemungutan suara pada 14 Februari 2024 hampir rampung. Untuk di dalam negeri sudah 99 persen surat suara diterima kabupaten/kota. Untuk luar negeri sudah 100 persen rampung.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan, distribusi logistik Pe­milu 2024 dalam negeri sudah 99 persen surat suara diterima kabu­paten/kota. Tersisa satu persen karena ada yang masih menunggu yaitu untuk surat suara DPRD Kabupaten-Kota dan Provinsi.

“Insya Allah sudah selesai semua tinggal dikirim ke beber­apa tempat saja,” kata Hasyim di Jakarta, Minggu (4/2/2024).

Baca juga : Kejagung Tancap Gas Usut Dana Hibah KONI

Hasyim membeberkan, beberapa daerah telah selesai melaku­kan proses sortir dan lipat (sorlip) surat suara kemudian memasuk­kan surat suara tersebut ke dalam kotak suara. Saat ini, kata dia, sudah 60 persen logistik pemilu masuk ke kotak suara.

“Tinggal didorong ke tingkat kecamatan, kelurahan, dan nanti H-1 diharapkan sudah sam­pai Tempat Pemungutan Suara (TPS),” tuturnya.

Lebih lanjut, Hasyim me­ngatakan, untuk pendistribusian logistik pemilu di luar negeri telah selesai. Bahkan, kata Hasyim, be­berapa kota di luar negeri telah di­lakukan pemungutan suara dengan metode pos. Kata Hasyim, untuk metode pos, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) sudah me­ngirimkan surat suara kepada pemilih sejak 2 -11 Januari 2024.

Baca juga : Pengaduan Terbanyak Keluhkan Jalan Rusak

“Pemilih untuk metode pos itu sudah bisa memilih sejak surat suara diterima. Pemungutan suara metode pos yang sudah dicoblos mulai dikirim balik pemilih ke PPLN,” jelas Ko­misioner KPU dua periode ini.

Hasyim menambahkan, pe­mungutan suara di luar negeri telah berjalan di beberapa tempat sesuai dengan situasi lokal mas­ing-masing wilayah kerja PPLN. Untuk metode TPS, kata dia, akan dimulai pada 4 -11 Februari 2024.

“Untuk penghitungan suara, apa pun metodenya, nanti bersa­maan dengan yang ada di dalam negeri yang akan dimulai 14 Feb­ruari 2024 setelah pemungutan suara di TPS ditutup,” tandasnya.

Baca juga : Brentford Vs Manchester City, The Citizen Ogah Nyerah

Komisioner KPU Bidang Per­encanaan, Keuangan, Umum, Rumah Tangga dan Logistik, Yulianto Sudrajat menambahkan, semua distribusi logistik Pemilu 2024 ke luar negeri sudah menca­pai 100 persen. Dia mengatakan, distribusi logistik untuk Pemilu 2024 itu sudah tersebar ke 128 PPLN di 95 negara.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.