Dark/Light Mode

Hari Buruh, Tantangan Bonus Demografi Dan Globalisasi

Rabu, 1 Mei 2024 20:15 WIB
Sarman Simanjorang. (Foto: Ist)
Sarman Simanjorang. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peringatan Hari Buruh di mata Kadin Indonesia adalah kesempatan untuk membangun dialog dan kolaborasi yang intens dalam rangka memperkuat perekonomian Indonesia dan menjamin kesejahteraan yang inklusif, termasuk bagi segenap buruh dan pekerja di Indonesia.

Momentum Hari Buruh menjadi saat yang tepat untuk berdialog dan membangun kolaborasi yang erat antara pengusaha, buruh, dan pekerja. Kadin Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan buruh dan menjamin tidak ada satu pun yang tertinggal dari pembangunan yang inklusif.

Langkah solutif harus di kedepankan untuk memastikan buruh dan pekerja mendapat tempat yang layak di tengah tantangan ekonomi nasional yang semakin dinamis dan kompetisi di pasar tenaga kerja yang semakin ketat, terutama di era globalisasi dan revolusi 4.0 saat ini.

Baca juga : Pakar Hukum Soroti Tentang Geopolitik Global

Hadirnya platform kadinfornaker.id merupakan salah satu tonggak pencapaian dari dialog dan kolaborasi intensif antara pengusaha, buruh, dan pekerja yang sudah berlangsung sejak tahun lalu.

Langkah strategis yang diambil Kadin Indonesia adalah menyediakan kesempatan pembelajaran, pendampingan, dan bursa kerja yang luas bagi para buruh dan pekerja di seluruh Indonesia untuk terus beradaptasi dengan tuntutan dan tren industri serta dunia kerja saat ini.

Peningkatan SDM Tenaga Kerja, penguasaan teknologi dan budaya kerja harus di kedepankan untuk menjawab kebutuhan dunia usaha dan dunia Industri. Daya saing tenaga kerja Indonesia akan ditentukan sejauh kita mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi terkini. Ini menjadi sesutu yang perlu diperhatikan pada perayaan Hari Buruh tahun 2024 ini.

Baca juga : Erick: Mari Bantu Perjuangan Timnas dengan Doa Terbaik

Yang tidak kalah penting juga diperingatan Hari Buruh ini adalah bagaimana kita berkolaborasi menjawab tantang bonus demografi yang sudah di depan mata. Serikat Pekerja/Buruh harus melakukan kajian, menyusun ide dan gagasan bagaimana agar bonus demografi nanti mampu dimanfaatkan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi kita, sehingga menjadi modal yang kuat untuk mencapai Indonesia Emas 2024.

Sebaliknya jika bonus demografi ini tidak bisa kita kelelola secara produktif maka akan menjadi beban Negara dan akan memiliki dampak sosial di tengah kehidupan masyarakat. Pelaku usaha berharap agar Peringatan Hari Buruh tahun ini dijadikan untuk melihat berbagai tantangan tenaga kerja kita ke depan dan pro aktif memberikan solusi dan strategi mengatasi tantangan tersebut.

Dengan semangat kolaborasi kita akan mampu menjawab bersama berbagai tantangan tenaga kerja dan dunia usaha ditengah kondisi ekonomi global yang penuh tekanan dampak geopolitik yang belum mereda.

Baca juga : Zulhas: Seminggu Lagi Normal

Selamat memperingati Hari Buruh untuk para pekerja Indonesia.

Oleh: Sarman Simanjorang

Penulis adalah Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia dan Anggota Dewan Pengupahan Nasional

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.