Dark/Light Mode

Bangun SDM Berkualitas

Otorita IKN Target Nol Orang Miskin Pada 2035

Selasa, 14 Mei 2024 07:00 WIB
Foto: Dok. Kementerian PUPR
Foto: Dok. Kementerian PUPR

 Sebelumnya 
Jadi, dari 3.200 kelahiran kemungkinan ada 1.600 bayi perempuan. Dari 1.600 perem­puan yang menikah, hanya seki­tar 320 per tahun yang berisiko tinggi, yang terlalu kurus atau yang anemia.

“Jadi, profil SDM di sekitar IKN bisa disiapkan by design untuk kita pastikan sehat. Den­gan catatan, ada aturan-aturan yang ketat,” jelasnya.

Sementara, Deputi Bidang So­sial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN Alimuddin mengatakan, penduduk IKN Nu­santara tak akan ada yang miskin pada 2035. Target tersebut sesuai dengan rencana induk (renduk) yang dibuat Pemerintah.

Baca juga : Pengolahan Sampah RDF Rorotan Terbesar Di Dunia

IKN Nusantara sudah mengangkat perekonomian Kalimantan Timur (Kaltim), meski belum jadi sepenuhnya. Dia mengklaim, IKN yang belum rampung ini sudah mengerek pertumbuhan ekonomi Kaltim hingga 6,22 persen.

“Luar biasa. IKN Nusantara belum jadi sudah seperti itu. Mudah-mudahan nanti sesuai rencana induk yang kita punya, 2035 akan nol kemiskinan,” kata Alimuddin.

Meski begitu, OIKN mengakui target ini tidak mudah. Dia menegaskan, pengentasan kemiskinan tidak hanya soal urusan ekonomi. Termasuk di wilayah delineasi, juga berkaitan dengan mindset masyarakat.

Baca juga : Meriam London Gusur Posisi City

Karena itu, OIKN beker­ja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pemban­gunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) untuk mengatasi masalah kemiskinan ini.

Dia mengaku sudah memiliki data dan bakal melakukan inter­vensi kepada masyarakat miskin, termasuk yang miskin ekstrem. Menurutnya, masyarakat yang miskin ekstrem penghasilannya hanya Rp 12.000 per hari.

Otorita menyebut, wilayah IKN yang mencakup 5 kecama­tan dari Kutai Kartanegara dan 1 kecamatan di Penajam Paser Utara, saat ini masih menjadi tanggung jawab bersama. Karena itu, dia meminta Pemerintah Daerah terkait juga aktif turun tangan membangun IKN Nu­santara. DIR

Baca juga : The Djoker Tumbang

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 10, edisi Selasa, 14 Mei 2024 dengan judul "Bangun SDM Berkualitas Otorita IKN Target Nol Orang Miskin Pada 2035"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.