Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jadi Ujung Tombak Program Inklusi Keuangan Masyarakat Pelosok

Agen Mandiri Mendorong Pertambahan Jutaan Rekening

Senin, 11 November 2019 06:18 WIB
Agen Bank Mandiri sedang memberikan penjelasan tentang agen dan layanan di Bank Mandiri. (Foto: Humas Bank Mandiri)
Agen Bank Mandiri sedang memberikan penjelasan tentang agen dan layanan di Bank Mandiri. (Foto: Humas Bank Mandiri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Upaya Bank Mandiri agar masyarakat kelas menengah ke bawah melek dan mudah mengakses layanan perbankan, layak diacungi jempol. Setidaknya hingga September 2019, bank pelat merah tersebut memiliki nasabah 5 juta rekening dari segmen tersebut dengan saldo mencapai Rp 22,5 triliun.

Bank Mandiri berkomitmen memberikan layanan perbankan kepada seluruh rakyat Indonesia mulai dari masyarakat perkotaan sampai ke pelosok daerah.

Baca juga : Mandiri Kerahkan Ribuan Agen Bank

Hal itu dilakukan sebagai langkah nyata mendukung program inklusi keuangan agar seluruh lapisan masyarakat dapat memiliki akses ke jasa keuangan.

Selama ini sebagian masyarakat di pelosok daerah tidak memiliki tabungan atau rekening di bank. Bahkan sama sekali tidak memiliki akses ke lembaga jasa keuangan. Alasannya beraneka ragam. Antara lain, karena tidak terdapatnya kantor cabang bank dan layanan mesin ATM di daerah. Selain itu, karena masyarakat menengah ke bawah ternyata masih bergantung pada uang tunai. Serta, menganggap biaya administrasi perbankan cukup tinggi.

Baca juga : Gandeng KKP, BRI Tingkatkan Literasi Keuangan Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan

Untuk menjawab keluhan itu, peran agen bank menjadi sangat dominan untuk menjembatani lembaga perbankan dengan masyarakat di pelosok. Oleh sebab itu, Bank Mandiri mengoptimalkan peran agen bank. Hasilnya cukup menggembirakan. Kiprah agen bank Mandiri dalam menembus masyarakat kelas menengah ke bawah di pelosok cukup masif. Hal itu tidak lepas dari dukungan perkembangan dunia teknologi dan informatika yang menyebabkan berbagai transaksi keuangan semakin mudah direalisasikan.

Salah satu peran yang dimainkan agen bank adalah menjaring nasabah. Bank Mandiri memiliki dua produk untuk melayani kebutuhan layanan perbankan masyarakat yakni Tabungan Mitra Usaha (TabunganMU) dan Tabungan Simpanan Makmur (SiMakmur).

Baca juga : Agus Martowardojo Raih Penghargaan Dari Majalah The Asian Banker

Saat ini Tabungan Simakmur memiliki 2 jenis kode produk tabungan yaitu Tabungan Branchless Banking (TABBB), dan Tabungan Nasional Perorangan (Tabnas-P).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.