Dark/Light Mode

Relawan Bakti BUMN Gaet InJourney Tingkatkan Fasilitas Pendidikan Di Pontianak

Kamis, 30 Mei 2024 10:56 WIB
Pelaksanaan Program Relawan Bakti BUMN Batch V. (Foto: Ist)
Pelaksanaan Program Relawan Bakti BUMN Batch V. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney Group ikut menjadi bagian dari program Relawan Bhakti BUMN (RBB) batch V di Desa Lingga, Kecamatan Ambawang-Pontianak, Kalimantan Barat pada 20-22 Mei 2024.

InJourney berpartisipasi dengan melibatkan 10 relawan dengan sasaran program bidang pendidikan dan lingkungan, serta menyelami kearifan lokal penduduk Sungai Ambawang, Pontianak.

100 relawan muda terpilih dari 12,069 pendaftar dari 62 perusahaan di lingkup BUMN seluruh Indonesia ini, 10 di antaranya ditempatkan di Desa Lingga, Sungai Ambawang berasal dari Pupuk Kaltim, Jasa Raharja, Hutama Karya, Kimia Farma, Sarinah, Semen Baturaja, Perum LPPNPI, Taspen, Berdikari dan Telkom.

Baca juga : Gelar Pameran UMKM, GNTI Wujudkan Kedaulatan Petani Dan Nelayan

Selama tiga hari para RBB ini bermalam di rumah penduduk setempat sambil menyelami keseharian dan kearifan lokal penduduk suku Dayak ini.

Di bidang pendidikan, kegiatan dilakukan dengan melakukan pemberdayaan sekolah berupa perbaikan toilet, pengecatan dan elektrifikasi ruang kelas, perbaikan papan nama, pembuatan pagar dan jembatan sekolah di SDN 27 Ambawang. Sementara di bidang lingkungan, dilakukan pembuatan instalasi sumber air bersih, pelatihan UMKM dan pemberian bantuan Bubu kepada 158 Kepala Keluarga Nelayan pesisir.

Pgs SVP of Corporate Secretary InJourney, Yudhistira Setiawan menyambut, baik dan mendukung penuh kegiatan Relawan Bhakti BUMN ini. Selain melakukan beragam kegiatan di atas, para Relawan Muda ini turut menjadi berbagi profesinya sehari-hari kepada para murid di SDN 27 sehingga adik-adik kita ini memiliki horizon cita-cita yang lebih beragam.

Baca juga : Pos Indonesia Tingkatkan Kualitas Pelayanan Pembayaran Pensiun

Di samping itu, kata dia, para Relawan Muda ini juga menampilkan tari-tarian Suku Dayak yang mereka pelajari selama berada di Desa Lingga tersebut. “Oleh karena itu, melalui medium pendidikan dan budaya yang ditopang oleh kondisi dan lingkungan sekolah yang lebih baik dan nyaman ini, diharapkan dalam jangka panjang dapat ikut membantu pengentasan kemiskinan di wilayah Sungai Ambawang ini,” jelas Yudis.

Relawan Bhakti BUMN ini merupakan program yang digagas oleh Kementerian BUMN sebagai medium untuk mengimplementasikan nilai-nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) dan meningkatkan jiwa kepedulian karyawan BUMN terhadap masyarakat dan lingkungan melalui keterlibatan aktif dalam Program TJSL yang dijalankan BUMN termasuk di InJourney Group.

Turut hadir dalam kegiatan ini Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Agus Wialdi; Koordinator TJSL Kementerian BUMN, Fahrudin; Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya, Yusron; Ketua Dewan Adat Dayak, Johannes; EGM Bandara Supadio Pontianak, Iwan Sutisna; AVP of Corporate Communication & TJSL InJourney, Alfianto Domy Aji; Group Head CSR & General Services PT Angkasa Pura Indonesia, Hary Budi Waluyo dan SGM of Community Development Center PT Angkasa Pura II, Rini Indrawati. 

Baca juga : 12.069 Relawan Bakti BUMN Gelar Aksi Nyata Di 10 Provinsi

Program Bakti BUMN telah digelar untuk ke-5 kalinya. Tahun ini gelaran Program Bakti BUMN dilaksanakan serentak pada 20-22 Mei 2024 di 10 titik lokasi yaitu Bukittinggi-Sumatera Barat; Bengkalis-Riau; Bantul-DIY; Magelang-Jawa Tengah; Mojokerto-Jawa Timur; Samboja dan IKN-Kalimantan Timur; Pontianak-Kalimantan Barat; Morowali-Sulawesi Tengah; Maumere-NTT; dan Raja Ampat-Papua Barat Daya dengan melibatkan 16 perusahaan di Grup BUMN.

Pelaksanaan Program Relawan Bakti BUMN Batch V terasa istimewa karena bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada 20 Mei 2024.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.